Cegah Karhutla, Polsek dan Koramil Tayan Hilir lakukan penyisiran di Desa Cempedak

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Jajaran Polsek Tayan Hilir bekerja sama dengan Koramil Tayan Hilir melaksanakan Patroli menuju titik-titik Hotspot penyebab kebakaran hutan dan lahan yang diduga berada di Desa Cempedak, Kamis (11/05) pagi.

Sesampainya di Ds. Cempedak, tim langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Cempedak Bernadus Bujang. Dari keterangan Kadus Cempedak bahwa dirinya belum mendapatkan laporan dari Masyarakat tentang aktifitas pembakaran ladang, yang mana saat ini memang belum masuk pada musim bakar lahan, sebagaimana yang telah di sosialisasikan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap warga yang akan membakar lahan, sebelumnya wajib melaporkan ke perangkat Desa meliputi lokasi, luas, waktu dan pemilik dengan batas-batas ketentuan yang ditoleransi oleh tim dari Manggala Agni” jelas Kades Cempedak.

Dirinya menambahkan “kemarin sore dan malam tanggal 10 Mei 2017 di Desa Cempedak mendung dan hujan deras”.

Selanjutnya pukul 10.15 Wib tim berangkat menuju Desa Tebeng Benua. Disana tim mendapatkan keterangan dari Warga An. Acam, SE bahwa sepengetahuan dirinya serta informasi di tiap dusun di wilayah Ds. Tebang Benua bahwa tidak ada aktifitas warga yang membakar lahan, karena belum masuk pada musimnya. Dirinya akan segera melaporkan kepada petugas Polsek Tayan Hilir atau Koramil Tayan Hilir apabila ada ditemukan pembakaran lahan

Acam, SE juga menyampaikan, perlu adanya Sosialisasi kembali tentang bahaya dan dampak dari Karhutla dan toleransi seperti apa yang dapat diberikan kepada Masyarakat yang membakar lahan sebagai salah satu kearifan lokal Masyarakat khususnya Ds. Tebang Benua.

Dari hasil pengamatan Personil Polsek Tayan Hilir dan Koramil tidak terlihat asap akibat pembakaran lahan.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Syafiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password