Racik Kosmetik, 3 Orang Diamankan Polisi

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Timika – Satuan Reskrim Narkoba Polres Mimika melakukan Penangkapan terhadap pelaku Tindak Pidana Penjual Kosmetik Racikan, Jumat (12/5/2017) siang.

Kejadian bermula ketika anggota Sat Resnarkoba Polres Mimika Bripda Novita Kristina Sihombing ke Pasar Lama jalan Bogenville hendak membeli bedak. Saat Bripda Novita masuk ke salah satu kios, ia menanyakan “apakah ada bedak?” kepada seorang laki-laki yang tidak diketahui identitasnya. Kemudian saat sedang bertanya Bripda Novita melihat ada 2 (dua) orang wanita yang sedang meracik bahan untuk membuat handbody.

Pada saat yang seorang tersebut bertanya kepada wanita lainnya dengan menanyakan “bu coilangennya dicampur berapa?” kemudian dijawab “5 saja” selanjutnya Bripda Novita keluar dari Kios tersebut kembali ke ruang Sat Resnarkoba dan melaporkan hal tersebut ke Kasat Resnarkoba Polres Mimika Iptu Laurentius Kordiali.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kasat Resnarkoba bersama Anggota Sat Resnarkoba mendatangi Kios tersebut dan mendapati ke 3 pelaku sedang meracik Kosmetik yakni Y, ZJ dan N yang selanjutnya  mengamankan 3 pelaku beserta barang bukti dan dibawa ke kantor Sat Resnarkoba guna Proses hukum lebih lanjut.

Untuk itu Kasat Resnarkoba Polres Mimika Iptu Laurentius Kordiali memberikan himbauan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan kosmetik.

“Agar masyarakat tidak sembarangan pakai kosmetik karena sangat berbahaya untuk kesehatan,” kata Kasat Resnarkoba.

Atas perbuatan mereka, Para pelaku terjerat Tindak Pidana Mengedarkan Sedia Farmasi (kosmetik) tanpa memiliki ijin edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 197, pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 62 UU RI No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Penulis      : Reinaldy N R
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password