Perlu Kejelian dan Ketelitian agar Mereka tak Bisa Kabur

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Insiden kaburnya tahanan di beberapa Rutan yakni Polres Malang, Surabaya dan yang terakhir Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru membuat Polres Trenggalek meningkatkan kewaspadaan. Selain meningkatkan sistem pengamanan, Sattahti juga menambahkan kamera pengawas atau CCTV di 6 titik.

“CCTV sebenarnya sudah ada dan dipantau oleh petugas jaga 1×24 jam penuh. Penambahan dipasang pada titik-titik lain sehingga bisa lebih terpantau secara keseluruhan” jelas Kasattahti Polres Trenggalek Iptu Sukaryo.

Tak tanggung-tanggung, Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. turun tangan memantau langsung proses pengamanan ruang tahanan. Ia mengecek satu persatu ruang tahanan dan memeriksa kelaikan bangunan jeruji hingga kamar mandi, Jumat (12/05).

“Petugas harus berfikir out off the box. Kejelian, ketelitian dan kecermatan diperlukan agar tidak terjadi tahanan kabur. Meskipun demikian perlakuan kepada tahanan harus manusiawi dan humanis. Kebutuhan mendasar mereka harus terpenuhi dengan baik mulai dari makan sampai kesehatan mereka” tegas AKBP Donny.

AKBP Donny juga menghimbau kepada keluarga yang akan menjenguk tahanan agar mengikuti prosedur yang ada. Tidak membawa barang-barang berbahaya dan datang pada hari yang telah ditentukan.

“Semua ada SOP nya. Petugas jaga tahanan harus tegas dan mengawasi secara ketat barang-barang yang boleh masuk dalam ruang tahanan” pungkas AKBP Donny.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password