Waka Polsek Entikong Hadiri Kegiatan Musyawarah Aksi Damai Karyawan PT. BKP Entikong

IMG-20170512-WA0016

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Bertempat di Kantor PT. BKP Entikong telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Aksi Damai dari Karyawan PT. BKP (Borneo Khatulistiwa Palma) Entikong, Rabu (10/05) pukul 10.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Operasional Pt. BKP Entikong Edi Tanama Tan, Koordinator Kemitraan PT. BKP Kristamto, Kasi Pembayaran Edi Purnomo, Waka Polsek Entikong Iptu Eeng Suwenda, Danramil Entikong yang diwakili Sertu Spion Sugianto, Manager Humas Pt. BKP Damianus Asia Sidot dan Karyawan PT. BKP Entikong yang diperkirakan seluruhnya berjumlah 100 orang.

Dalam kegiatan tersebut, para karyawan sempat menyegel pintu masuk kantor PT. BKP Entikong dengan memalang kayu. Selanjutnya Waka Polsek Entikng Iptu Eeng Suwenda memberikan pemahaman kepada massa Aksi Damai agar tidak melakukan aksi tersebut dan sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah / mediasi dengan pihak pimpinan PT. BKP. Akhirnya pihak massa dan pihak PT. BKP sepakat untuk melakukan Musyawarah.

Adapaun beberapa Hal yang menjadi permasalahan dan menjadi tuntutan para karyawan dalam aksi damai tersebut adalah Adanya ketidak jelasan pembayaran/pemotongan BPJS kesehatan dan ketenaga kerjaan, Ketidak jelasan pengangkatan karyawan KHL-KHT-KBT, Ketidak jelasan pengupah karyawan KHL-KHT-KBT, Ketidak jelasan pembayaran THR untuk karyawan non KHT/KBT 2016 serta Klarifikasi masalah TO (Take Over) Managemen lama ke managemen baru. Sedangkan untuk tuntutan lain yang disampaikan oleh para karyawan adalah Lebih Transparani dalam pembayaran dan pemotongan BPJS, Ketidak jelasan bonus jam kerja dan Ketidak jelasan dalam penerimaan tunjangan hari raya ( THR ).

Tanggapan dari Pihak Perusahaan PT. BKP Entikong yang disampaikan oleh Edi Tanama Tan selaku Direktur Opersaional adalah tidak adanya Take Over dalam perusahaan yang di tanyakan oleh Karyawan dan dirinya bersedia membuat surat peryataan agar bisa dipercaya oleh para karyawan.

Koordinator Kemitaan PT. BKP Entikong Krismanto menyampaikan ada 2 (dua) program yang di tawarkan oleh pihak BPJS. Selanjutnya untuk Iuran BPJS sudah dibayarkan seampai bulan April 2017. Untuk penerbitan kartu BPJS, harus membutuhkan waktu yang panjang akan tetapi kita bisa klaim BPJS dengan nomor BPJS.

Dirinya juga mengatakan dalam pengangkatan karyawan harus melakukan evaluasi kinerja Karyawan. Dalam pengupahan, kita berpegang dalam UMK atau standar UMK. Terakhir dalam penyampaiannya untuk THR akan kita berikan hanya kita minta waktu kepada Karyawan untuk proses Pencairan dana dikarenakan dana yang akan dicairkan cukup besar sehingga membutuhkan proses yang cukup panjang.

Edi Purnomo selaku Kasi Pembayaran PT. BKP Entikong menyampaikan Mengenai masalah BPJS kita sudah melakukan pembayaran dan ada tunggakkan tahun lalu akan tetapi sudah di bayarkan oleh pihak Perusahaan.

Dari hasil Musyawarah tersebut, didapati keputusan bersama antara lain :
1. Membuat surat pernyataan dari Direktur Optasional bahwa tidak adanya take Over.
2. Mengenai BPJS Karyawan meminta perusahaan mengurus dalam jangka waktu 1 minggu dan ada perkembangan di beritahukan kepada karyawan.
3. THR yang menjadi pertanyaan karyawan sudah di urus dan menunggu waktu pencairan.
4. Dalam pengangkatan karyawan akan di buat SOP sistem pengangkatan karyawan.
5. Akan di bentuk KSBI( konfedrasi serikat buruh indonesia ) untuk karyawan PT.BKP agar ada perlindungan hukum bagi karyawan saat menyampaikan aspirasi.
6. Segel palang pintu masuk kantor PT. BKP hari ini juga langsung dibuka agar dapat beraktifitas.
Sekira pukul 12.00 kegiatan selesai dilaksanakan situasi aman dan terkendali.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Syafiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password