Tak Ingin Konvoi Anarkis Terulang, Polres Klaten Adakan Rapat Antar Instansi Bersama Dinas Pendidikan

Tribratanews.polri.go.id – Jumat, (12/05/2017) pihak Polres Klaten lakukan Rapat Koordinasi pasca kejadian konvoi anarkis pada kelulusan SMA/SMK 2 Mei lalu. Rapat Koordinasi itu sendiri dihadiri pihak Polres Klaten, Disdik Klaten, Polres Sleman, serta Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Jogjakarta, selain itu turut hadir pula perwakilan siswa dan siswi sekolah dari Klaten maupun Sleman Jogjakarta.

Dalam rapat yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten tersebut, Kapolres Klaten AKBP M. Darwis mengatakan rapat koordinasi ini penting mengingat kejadian 2 Mei yang dilakukan pelajar itu sudah menjurus tindak pidana dan sangat meresahkan masyarakat.

“ Ini kita laksanakan untuk mengantisipasi terulangnya kejadian serupa, agar tidak melakukan hal-hal di luar norma hukum, apalagi banyak beredar kabar bohong, yang menambah keresahan di masyarakat melalui media sosial belum lama ini,” jelasnya.

IMG_3927_resize

Menurut Mantan Kapolres Bogor Kota itu, konvoi berujung anarkis oleh pelajar tidak mungkin terjadi secara tiba-tiba, Ia menduga ada gejala maupun sebab-sebabnya, sehingga perlu upaya semua pihak untuk mengantisipasi maupun mendeteksi hal serupa.

“Itu yang kita perlukan agar persoalan kenakalan remaja ini bisa kita cegah, tugas ini tidak hanya menjadi kewajiban aparat tapi seluruh lapisan masyarakat”

Sementara Polres Sleman yang diwakili Waka Polres Sleman Kompol Heru menyampaikan bahwa sebelum kejadian pihak Polres Sleman telah melaksanakan antisipasi berupa razia terhadap konvoi pelajar.

“Kami mengamankan 300 an siswa dan menilang 128 kendaraan, namun sebagian berhasil kabur dan bergerak keluar wilayah” terangnya.

Selain pernyataan sikap dari pihak sekolah, Kapolres Klaten mengharapkan dalam menangani masalah kenakalan remaja yang terlebih utama adalah  bagaimana membina anak-anak dalam hal upaya pencegahannya kedepannya.

“Mari kita berupaya bukan hanya untuk menindak dan menghakimi saja, tapi bagaimana upaya untuk menanggulangi kedepannya” ajaknya.

Dia berharap, peran keluarga, sekolah dan masyarakat untuk membina serta mengawasi para pelajar agar tidak terjerumus kepada hal hal yang negatif.

 

Penulis : Eriqo Humas Polres Klaten

Editor : Umi Fadillah

Publish : Eriqo

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password