Sepak Terjang Bhabinkamtibmas Negeri Tamilouw.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku, Kamis tanggal 11 Mei 2017, di Dusun Yalahatan Negeri Tamilouw Kecamatan Amahai, Bhabinkamtibmas Negeri Tamilouw Bripka Rahman Paukoma melakukan Pengamanan acara  adat dalam rangka pengambilan tiang pamali untuk pembangunan rumah adat Kapitan Soloweno.

kegiatan berawal dari pukul 24.00 wit tadi malam degan acara hena/maku2 sampai dengan pagi hari pukul 06.00 wit, setelah itu pada pukul 08.00 wit acara penjemputan tua adat dari negeri Tamilouw (nusalelu, Pawae, tomagola, lesi). Setelah itu semuanya berkumpul di rumah adat tuan tana yalahtan, kemudian baru menuju ke hutan (hutan nama), untuk pengambilan tiang pamali.

Setelah itu tiang pamali tersebut di hias kemudian di arak-arakan oleh masyarakat dari kali Nama melewati dusun Ampera baru kemudian menuju dusun Yalahatan, dan ketika memsuki dusun yalahatan arakan kayu pamali tersebut di jemput oleh msyarakat yalahatan dengan tarian adat cakalele dan menari hingga sampai di tempatnya pada pukul 18.00 wit.

Penulis  : Arifin Tuharea
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password