Polsek Subah Selesaikan Masalah Sengketa Lahan PT Misp II Dengan Warga

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar Polres Sambas-Subah, Rabu (10/5/2017) Anggota Polsek Subah, Bripka Sunarto dan Bripka Budi Prayitno sekira pukul 09.30 wib bertempat di Balai Desa Sabung Kecamatan Subah telah melakukan mediasi permasalahan klaim lahan yang dilakukan oleh Saudara M. Hafidz, B.Sc terhadap PT. Mitra Inti Sejahtera Plantation (MISP II) dilokasi perkebunan milik PT. MISP II yang terletak di Blok KB 15 Afdeling Kabile Desa Sabung Kecamatan Subah.

Selain, Kapolsek Subah yang diwakili Ps. Kanit Intelkam, Bripka Sunarto dan Bripka Budi Prayitno, hadir dalam pertemuan mediasi tersebut yaitu Plt. Kades Sabung Albert Matraye beserta perangkat, Dewan Adat Dayak Kabupaten Sambas yang diwakili Sdr. Alfred, Ketua Pengurus Adat Dayak Desa Sabung Sdr. Rudy, Manager PT. MISP II Sdr. Friston Sinaga beserta staf, saudara M. Hafidz, B.Sc dan Ahli waris dari almarhum saudara Libertus Dudut, Bapak Amin.

Saat memberikan kata sambutan dalam pertemuan mediasi terhadap klaim lahan yang dilakukan oleh saudara M. Hafidz, B.Sc terhadap Pt. Misp II tersebut, Bripka Budi Prayitno menyampaikan bahwa hadirnya pihak Kepolisian dalam pertemuan bertujuan untuk mengawal proses mediasi berjalan dengan kondusif agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan serta memberikan masukan-masukan dalam proses mediasi tersebut.

Pada saat dilakukan mediasi di Aula Balai Desa Sabung, Budi menjelaskan bahwa kedua belah pihak menunjukan surat/data kepemilikan lahan maupun peta untuk dilakukan konfrontir serta mendengar penjelasan-penjelasan dari kedua belah pihak yang bersengketa, namun setelah disampaikan pendapat maupun tanggapan dari kedua belah pihak yang bersengketa maupun peserta yang ada diforum mediasi tersebut belum diperoleh kesepakatan antara pihak saudara M. Hafidz, B. Sc dengan pihak PT. MISP II.

Atas dasar belum diperolehnya kesepakatan dalam mediasi tersebut saat berada di aula balai Desa Sabung, maka di sepakati untuk dilakukan pengecekan di lapangan dengan tujuan melihat tata letak lahan sesuai dengan surat keterangan tanah milik saudara M. Hafidz. B. Sc, selaku pihak yang melakukan klaim terhadap lahan kebun PT. MISP II di Blok KB 15 Afdeling Kabile tersebut dengan mengundang saksi-saksi yang tertera didalam surat keterangan lahan yang dimiliki oleh saudara M. Hafidz, B. Sc yang bernama saudara Budu yang beralamat di Desa Bukit Mulya.

Setelah dilakukan pengecekan dilapangan serta keterangan dari saksi/ahli waris, diperoleh hasil bahwa letak tanah yang sesuai dengan surat keterangan tanah yang dimiliki oleh saudara M. Hafidz, B. Sc bukan berada dilokasi lahan milik PT. MISP II Blok KB 15 Afdeling Kabile, melainkan terletak di ujung jalan yang berbatasan dengan sungai karaban/bana.

Bripka Sunarto yang hadir juga saat pengecekan dilapangan menjelaskan bahwa oleh karena itu maka disepakati antara kedua belah pihak yang dituangkan kedalam Berita Acara Kesepakatan, yang isinya sebagai berikut :
1. Setelah dilakukan pengecekan dilapangan ternyata lahan klaim pihak M. Hafidz. B. Sc dengan nomor : 114/AG/SPT/2010 tgl 4 November 2010, Surat Penyerahan nomor : 114/AG/2008 An. Libertus Dudut tanggal 23 Agustus 2008 diluar blok KB 15 yang menjadi sengketa selama ini.
2. Pihak M. Hafidz. B. Sc mengakui adanya kekeliruan dalam lokasi lahan yang di klaim kepada PT. Misp II Sabung dan menyatakan tidak menggugat lagi lahan tersebut
3. Berdasarkan point 1 dan 2 yang tercantum dalam Berita Acara ini, maka bentuk permasalahan selama ini sudah selesai antara pihak PT. Misp II Sabung dengan pihak M. Hafidz. B. Sc.

Penulis : Budi Prayitno
Editor. :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish:Cucu Safiyudin

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password