Cegah Karhutlah Polsek Air Besar Antisipasi dan Sosialisasi Peraturan UU ke Masyarakat lewat Patroli Bersama

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Landak,Hari rabu (10/05) Kapolsek Air Besar Iptu Elfis Satria Efdi menurunkan 2 Anggota nya untuk Patroli bersama anggota Koramil Air Besar,Perangkat Kecamatan dan Perangkat Desa Sepangah serta warga Dusun Tepo untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di dusun Tepo Desa Sepangah Kecamatan Air Besar.

Musim berladang sudah mulai Pada saat ini, masyarakat biasanya akan membuka lahan untuk bertani dengan cara dibakar.

Untuk menghindari hal itu Kepolisian Sektor Air Besar secara dini mengantisipasi dan mensosialisasikan peraturan Per UU an kepada masyarakat guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah). Karena kebakaran hutan dan lahan dapat berdampak pada pencemaran udara serta Ekosistem nya.

Kapolsek Air Besar Iptu Elfis Satria Efdi menekankan kepada seluruh jajaran untuk selalu mensosialisasikan peraturan per Undang undangan yang berlaku yang menyangkut ttg kebakaran hutan dan lahan, agar masyarakat maupun perusahaan yang berada diwilayah Kecamatan Air Besar dalam membuka lahan mengerti dan tidak melakukan pembakaran.

“Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat Kecamatan Air Besar dan sekitarnya lebih mengerti, memahami dan konsekuen untuk tidak membuka ladang atau lahan dengan cara dibakar dan taat kepada Undang-undang yang berlaku.

Karena membakar hutan dan lahan merupakan suatu perbuatan pidana yang dapat dikenai sanksi pidana sebagaimana diatur dalam UU.RI Nomor : 41 Tahun 1999 tentang kehutanan, UU.RI Nomor : 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta UU.RI Nomor : 39 Tahun 2014 tentang perkebunan.

Setiap orang yang dengan sengaja membuka dan atau mengolah lahan dengan cara pembakaran yang berakibat terjadinya pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan hidup diancam dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.” Ucap Elfis.

Penulis : Andri
Editor    : Umi Fadillah / Sugeng.hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password