Bhabinkamtibmas Sriwedari Laweyan Surakarta Mediasi Perselisihan Antar Warga

Tribratanews.polri.go.id.PolrestaSurakarta – Bhabinkamtibmas Sriwedari Aiptu Tatang Iskandar bergerak cepat dan tanggap. Mendengar salah satu warganya melapor ke Polsek Laweyan atas masalah perselisihan berujung pengancaman yang dilakukan oleh tetangga depan rumahnya, maka Aiptu Tatang Iskandar segera mendatangi rumah kedua warganya tersebut untuk mendamaikannya.

Rabu sore (10/05/2017) bertempat di kediaman Ketua RT 04 / RW 05 Purwonegaran Sriwedari Laweyan Surakarta, Aiptu Tatang Iskandar bersama Ketua RT Soetar dan Linmas Teguh mengundang kedua warganya yang berselisih tersebut untuk dilakukan mediasi. Adalah YI (54) sebagai Pelapor dan M (42) sebagai Terlapor kasus perselisihan berujung pengancaman.

Permasalahan diantara keduanya ternyata sudah berlangsung cukup lama, namun selalu bisa diredam oleh Ketua RT setempat. YI merasa risih karena berulang kali air selokan rumah milik M yang letaknya tepat di depan rumah YI meluber hingga masuk ke teras rumah YI sehingga beberapa kali terjadi perselisihan. Terakhir pada Rabu siang (10/05/2017) perselisihan kembali terjadi hingga M marah, memaki-maki dan mengancam YI akan disakiti.

Mediasipun dilakukan, Aiptu Tatang Iskandar meminta kepada kedua belah pihak untuk bisa menahan emosi, selanjutnya diberikan gambaran seandainya kasus ini berlanjut pada proses hukum maka akan berat resikonya. Kemudian disarankan kepada keduanya untuk mengedepankan perdamaian, saling memaafkan dan mau duduk bersama mencari solusi permasalahan selokan tersebut.

Upaya mediasi ini berhasil, kedua belah pihak mau menerima saran dari Aiptu Tatang Iskandar dan kemudian membuat Surat Kesepakatan Bersama (SKB) diatas materai kemudian ditandatangani oleh kedua belah pihak, empat orang Saksi dan Bhabinkamtibmas Sriwedari.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password