Umat Buddha di Kota Tegal Rayakan Waisak, Polisi Amankan Metta Vihara

DSC_0749

Tribratanews.polri.go.id, Kota Tegal – Seluruh umat Budha merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2561 B.E. / Tahun 2017, salah satunya di wilayah Kota Tegal Jawa Tengah dengan mengelar ibadah di Metta Vihara Jalan Udang Kota Tegal, Kamis (11/05/2017)

Mereka memperingati tiga peristiwa suci yang terjadi dalam kehidupan guru agung Sri Darta Gautama, dengan laku puja bakti, meditasi dan pendalaman rama ajaran budha serta kegiatan kegiatan sosial budaya budis.

DSC_0717Menurut, Romo Suryo Dharmo sesuai dengan tema “Cinta Kasih Penjaga Kebhinekaaan”, hal ini sangat relewan yang berkaitan dengan masalah masalah kehidupan, keluarga bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Perbedaan bukan penghalang, perbedaan selalu menjadi bagian dari dunia kehidupan sepanjang  masa, baik perbedaan dalam berumah tangga, sosial masyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya

Menyampaikan pesan perayaan waisak, dirinya mengatakan bahkan dalam kehidupan beragama dan kepercayaaan, perbedaan itu tidak dapat dihindari, hal yang terpenting adalah menerima perbedaan karena ini merupakan kebutuhan bersama.

Lebih lanjut , Persaudaraan retak disebabkan perbedaan yang ada dipermasalahkan, yang bermula dari kepentingan pribadi yang tidak bijak dan tidak terkendali. Akhirnya timbul pikiran benci dan permusuhan satu sama lainnya.

DSC_0685Karenanya sesuai tema Cinta Kasih Penjaga Kebhinekaan, tidak sepatutnya yang satu menipu yang lainnya, tidak menghina siapapun dimanapun juga, dan tidak selayaknya karena marah membenci mengharap orang lain itu celaka,” tegasnya

Sementara itu,  Kapolres Tegal Kota AKBP Semmy Ronny Thabaa,SE melalui Kabagops Kompol Muslich,S.Ag menuturkan secara ketat pihaknya mengawal dan mengamankan jalanya rangkaian kegiatan perayaan Waisak.

Sedikitnya puluhan personel gabungan ditempatkan dilokasi, selain di Meta Vihara juga di Meditation Center Jalan Slamet Riyadi Kota Tegal. Pengamanan sendiri dimulai sejak kemarin hingga saat ini, kami berharap perayaan Waisak tahun ini berjalan lancar dan kondusif,” ungkap Kompol Muslich

Penulis : Kurnia

Editor : Umi Fadilah

Publish : Kurnia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password