Polsek Jawai Bersama Warga Lakukan Pemadaman Api di Desa Sarang Burung Usrat

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sambas, Telah dilaksanakan kegiatan upaya pemadaman titik api oleh pihak kepolisian Polsek Jawai dan warga dusun Timur Desa Sarang Burung Usrat Kec Jawai.

Setelah Mendapatkan informasi dari masyarakat hari Selasa (09/05/2017) sekira jam 15.30 s/d selesai di Perbatasan Desa Sarang Burung Usrat Dusun Timur Kec. Jawai yg berbatas dgn Kecamatan Teluk Keramat Kab. Sambas dimana titik api berasal dari Desa Teluk keramat.

Kapolsek Jawai Iptu Prambudi memerintahkan Bhabinkamtibmas Desa Sarang Burung Usrat Brigpol Farid Munandar beserta Bripka Edi Suprihatin, melakukan pengecekan informasi yang didapat dengan melibatkan warga setempat yabg bernama Sutisno, Sumardi dan Rabuni untuk mendatangi titik api.

Setelah sampai dilokasi, ditemukan titik api melalap sebuah lahan gambut yang diperkirakan mempunyai kedalaman sekira 2 meter.

Jarak antara titik api dengan Desa Sarang Burung Usratt diperkirakan sekitar ± 12 KM.

Upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan warga setempat memadamkan api dengan cara tradisional yaitu membuat parit/selokan untuk mendapatkan air selanjutnya mengunakan ember untuk memadamkan agar tidak meluas. Sehingga titik api yg baru hidup titik api kecil bisa di lokalisir.

Adapun kendala yang dihadapi petugas dilapangan antar lain, Jarak tempuh ke lokasi titik api tidak bisa dijangkau dgn sepeda motor maupun mobil. Hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak.

Terlebih untuk mendapatkan sumber air sangat sulit dikarenakan jauh dari aliran sungai.

Petugas dilapangan Bripka Edi, sangat mengapresiasi tindakan masyarakat atas kecepatan pemberian informasi kepada pihak kepolisian serta rasa kepedulian masyarakat tentang Karhutla, sehingga musibah kebakaran seperti ini dapat di antisipasi lebih cepat guna meminimalisir kerugian yang lebih besar. Tutup Edi

Penulis   :Cahyono
Editor      :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish   :Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password