Kerja Sama Polisi Dalam Upaya Cegah Karhutla

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar РPolres Sambas, Dalam upaya mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan Polsek Jawai bersama Polsek Teluk Keramat bekerja sama merancang kegiatan Patroli Terpadu bersama Anggota Koramil 1202/10 Sentebang dan Manggala Agni dari Daops Singkawang beserta Masyarakat Peduli Api,  Selasa (9/5/2017) pukul 15.00 wib.

Berbeda dengan sistem patroli konvensional, tim patroli terpadu dari Polsek Jawai 2 Personil, Polsek Teluk Keramat 3 Personil, anggota Koramil 2 Personil dan 3 Personil dari Daops Manggala Agni langsung turun di tingkat desa untuk melaksanakan kegiatan pencegahan mulai dari deteksi dini, pemetaan wilayah rawan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Jalur akses giat Patroli terpadu ini hanya bisa dilalui dengan kendaraan dua ini yaitu Desa Lela Kecamatan Teluk Keramat yang mana lahan yang sudah terbakar sekitar 20 Ha yang titik hotspot nya juga terletak di Desa Sarang Burung Kolam Kec. Jawai.

Pada saat pengecekan terdapat titik hot spot diantara Desa Sarang Burung Kolam, Desa Mutus Darussalam yang berbatasan Dengan Desa Lela Kec. Teluk Keramat ini hanya dengan penggunaan peralatan pemadaman yang ada dilakukan di desa rawan karhutla tersebut.

Bhaninkamtibmas Polsek Jawai Desa Sarang Burung Danau Brigpol Samsul mengatakan selain pengecekan titik api kita juga sosialisasi terhadap masyarakat sekitar tentang tidak boleh membakar, cara pembukaan lahan tanpa bakar, dampak asap terhadap manusia dan cara deteksi titik panas dari satelit dan cara pemadaman api dengan penggunaan peralatan pemadaman yang ada di desa tersebut.

Penulis : Nurul Afrianto
Aditor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password