Polresta Surakarta Mengamankan Pelaksanaan Penyitaan Tanah dan Bangunan oleh PN Surakarta

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta – Berdasarkan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Surakarta Nomor : 7 / pen. Pdt / Eks / 2010 / PN SKA , tanggal 09 pebruari 2010, pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2017 jam 10.00 wib bertempat di Dk Ganjilan rt 03/ 06 kelurahan Mojosongo kecamatan Jebres kota Surakarta berlangsung Eksekusi Tanah dan Bangunan seluas 1995 m2 dan 2930 m2 oleh petugas juru sita Pengadilan Negeri Surakarta ,

Pelaksanaan penyitaan ini telah gagal beberpa kali maka hari ini dilaksananakan lagi penyitaan dan harus dilakukan dan dilaksanankan .

Adapun pihak yang berperkara sbb:

A. Penggugat :
– Ny Welas Kartowardoyo
– Ny Ngadinem
– Cipto Sumarto als Suparlan
Beralamatkan di Debegan RT 01/ 06 kalurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Surakarta.

B. Tergugat
– Saminah
– Dirjowiyono als Surip
– Parmin
– Kasmin
Beralamatkan : Di dukuh Ganjilan RT 03/ 06 Kalurahan Mojosongo Kecamatan Jebres.

Pelaksana eksekusi adalah dari Juru Sita Pengadilan Negeri Surakarta terdiri dari :
1. Subagyo, Mardiyono, Sumardi, Jaka Tavip, Punjung, Tony dari Juru Sita PN Surakarta .
2. serta 16 anggota juru sita PN Surakarta.

Dalam pelaksanaan eksekusi.ini di saksikan oleh Sekcam Jebres dan Aparat ari Kalurahan Mojosongo.

Pengamanan dalam rangka Eksekusi di pimpin oleh Kabag Ops Polresta Surakarta Kompol Arief Djoko.SP di dampingi oleh:
1. Kasat Intelkam Polresta Kompol Bowo Haryanto
2. Kapolsek Jebres Kompol Juliana. BR Bangun, SH MH.

Mengingat alotnya eksekusi minggu lalu maka Polresta Surakarta menerjunkan perkuatan personil sekitar 300 anggota terdiri :
1. 1 ( satu ) ssk Dalmas Resta Ska
2. 1 ( satu ) ssk Brimob
3. Personil Polsek Jebres
4. sat Lantas Resta Ska
5. Gabungan Anggota polresta
6. 20 anggota TNI

Pelaksanaan eksekusi awalnya sempat dihalangi oleh pihak kuasa hukum Ari Kalono / tergugat dengan jumlah massa sekitar 50 orang namun bisa diatasi oleh keamanan. Selanjutnya eksekusi pengosongan dan pembongkaran bangunan bisa berjalan dengan lancar.
Sekitar pukul 11. 00 Wib tim Pengacara Ari Kalono meninggalkan lokasi eksekusi situasi aman kondusif.

Perlu di sampaikan bahwa sebelum pelaksanaan eksekusi dilaksanakan, untuk upaya hukum dari penggugat dan tergugat telah ditempuh sejak tahun 1990 dengan kronologis perkara sebagai berikut :

Resume Perkara Perdata No 99 / Pdt . G / 1990 / PN Ska :
a ).Tingkat Pengadilan Negeri Surakarta pada tanggal 24 April 1991 : Mengabulkan gugatan para penggugat untuk sebagian. Menyatakan sah dan berharga sita jaminan ( Conservatior Beslag ) atas tanah sengketa C no : 333 persil 377 a P.VI luas 1995 m2 dan persil 291 S.VI luas 2930 m2 Kalurahan Mojosongo Kecamatan Jebres, Surakarta.. Menetapkan penggugat adalah ahli waris anak yang sah dari bpk Kartodikromo als Pariman. Menetapkan tergugat sebagai ahli waris bpk Kartopawiri alias Samidin dengan ibu Parikem. Menyatakan hukum bahwa tanah pekarangan persil tersebut diatas adalah tanah peninggalan bpk Kartodikromo als Kertodikromo als Pariman yang belum pernah dibagi waris. Menyatakan hukum bahwa tetgugat telah menempati dan menguasai tanah sengketa serta membangun rumah diatasnya secara melawan hukum. Menghukum tergugat untuk mengosongkan tanah sengketa dan membongkar bangunan diatasnya kemudian diserahkan kepada penggugat selaku ahli waris yang sah dari bpk Kartodikromo als Pariman. Menghukum para tergugat untuk bayar ganti rugi sebesar Rp 250.000 per tahun mulai tahun 1967 hingga putusan di jalankan. Menolak gugatan para penggugat untuk selebihnya.

b.) Tingkat Pengadilan Tinggi Semarang pada tanggal 30 Desember 1991 no 66 / Pdt PT Smg / 1991 :
Menerima permohonan pemeriksaan dalam tingkat banding dari para tergugat / Pembanding. Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Surakarta tgl 24 April 1991 no : 99/ Pdt G / PN Ska

c.) Tingkat Kasasi di Mahkamah Agung RI pada tanggal 4 Maret 1999 no 204/ K / Pdt / 1993 dengan putusan : Menolak permohonan kasasi dari para pemohon Saminah, Dirjowiyono als Surip, Parmin, Kasmin. Menghukum pemohon Kasasi membayar biaya perkara dalam tingkat kasasi sebesar Rp. 50.000.

d.) Tingkat Peninjauan Kembali / PK di Mahkamah Agung RI pada tanggal 18 juli 2003 No 647 PK / Pdt / 2000 memutuskan :
Menolak permohonan PK dari pemohon Samirah, Ny Wagiyem Dirjowiyono, Parmin dan Kasmin. Menghukum para pemohon PK membayar biaya perkara sebesar Rp 50.000.

Upaya hukum yang ditempuh oleh Tergugat ( Samirah, Dirjowiyono, Parmin, Kasmin) telah dilakukan namun hasilnya selalu ” KALAH “.

Pada tahun 2010 dilakukan putusan eksekusi tanah dan bangunan di obyek sengketa namun “GAGAL” karana pihak Penasehat Hukum ( Kalono cs ) memobilisasi massa dari ormas LUIS pimpinan Ustadz Edi Lukito.

Sebelum eksekusi telah ditempuh langkah – langkah persuasif antara lain yaitu :
Melakukan koordinasi dengan Juru Sita Pengadilan Negeri Surakarta dengan hasil akan tetap melaksanakan putusan Eksekusi dibantu Polresta Surakarta dengan mengabaikan surat permohonan penundaan eksekusi oleh Penasehat Hukum Tergugat karena Putusan Eksekusi telah berkekuatan hukum, langkah banding dan kasasi serta PK yang di lakukan tergugat selalu kalah. Koordinasi dengan Penasehat hukum Tergugat ( Joko Haryadi cs ) telah mengirimkan surat permohonan penundaan pelaksanaan eksekusi ke pengadilan negeri surakarta no : 07/Eks/2000/PN Ska Perihal Permohonan Penundaan Eksekusi yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2017 dengan alasan telah melakukan gugatan terhadap kedudukan hukum pemohon eksekusi dan telah terdaftar di PN Ska dalam perkara No : 108/ Pdt G/2017/PN Ska tanggal 02 mei 2017.

Hingga pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2017 pukul 10.00 sd 17.00 wib dilaksanakan eksekusi tersebut, dan giat eksekusi berjalan dengan aman dan tertib.

Penulis. : Lilik Jebres
Editor.   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password