AKP Awaluddin : Jangan Gunakan Racun, Untuk Menangkap Ikan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Sat Polairud Polres Inhil, telah melaksanakan Sosialisasi Kamtibmas, yang diadakan di Balai Desa, untuk masyarakat nelayan, yang ada di Desa Concong Dalam Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir, Rabu, 10 Mei 2017. Sosialisasi Kamtibmas yang bertemakan Bersama Kita Tingkatkan Kamtibmas Perairan Guna Cegah Bahaya Organisasi Radikal dan Anti Pancasila, adalah program rutin yang dilaksanakan setiap bulan, sejalan dengan program I Quick Wins. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasat Polairud Polres Inhil, AKP Awaluddin Dalimunthe, dan Kanit Patroli Sat Polairud Polres Inhil, IPDA Syahruddin, Kepala Desa Concong Dalam, Roni Paslah dan Uztadz Abdul Hamid, S.Hi. M.A, serta Personel Sat Polairud Polres Inhil.

IMG-20170510-WA0119Dalam sambutannya, Kasat Polairud mengingatkan kepada masyarakat Desa Concong Dalam, yang rata – rata berprofesi sebagai nelayan, agar dapat menjaga keselamatan, saat berlayar mencari ikan di perairan. Pergunakan alat penerangan atau navigasi, untuk memberi tahu posisi kita, kepada orang lain, kalau menangkap ikan di malam hari. Selain itu Kasat juga menghimbau, agar masyarakat tidak menggunakan racun ataupun tuba, dalam menangkap ikan. Pergunakan jaring yang sesuai dengan perundang – undangan, agar keberlangsungan hayati ikan dan biota laut lainnya, dapat terjaga.

Selanjutnya, Ustadz Abdul Hamid, S.Hi, M.A, menyampaikan tausiyah tentang jihad dari sudut agama. Ustadz mengajak para hadirin untuk mewaspadai paham – paham radikal. Hargai perbedaan dan bila menemukan adanya ajaran – ajaran yang tidak sesuai dengan agama dan Pancasila, segera memberitahukan atau melaporkan kepada pihak berwajib. Jangan mengambil tindakan sendiri, karena itu juga bertentangan dan melanggar hukum.

Sebelumnya, Kepala Desa Concong Dalam, Roni Paslah, mengucapkan terima kasih dan apresiasinya, pada Sat Polairud Polres Inhil, yang telah datang ke desa mereka. Hal ini juga sebagai wujud bahwa tidak ada jarak antara Polri dengan masyarakat, karena selain bisa berinteraksi secara langsung, mereka juga bisa menanyakan berbagai hal, yang bersangkutan dengan hukum.

Acara selanjutnya adalah, penyerahan sarana kontak berupa bendera Merah Putih sebanyak  25 helai, Teks Pancasila sebanyak 50 lembar dan Lift jacket sebanyak 25 pcs serta paket Sembako sebanyak 50 Paket, yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan sikap penolakan faham radikal dan anti Pancasila dan BA penyerahan barang dan sarana kontak. Acara sosialisasi kamtibmas pada masyarakat nelayan Desa Concong Dalam, diakhiri dengan sesi foto dan makan bersama.

IMG-20170510-WA0120

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password