Pelepasan Purna Tugas : Selamat Atas Sukses Mejalankan Pengabdian Hingga Tuntas

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta – Sebuah kalimat pendek yang di tunggu dan di nanti oleh setiap orang yang mejalani sebuah ikatan dinas dengan Pemerintah atau Negara yaitu “PURNA TUGAS” . Bahasa halus dari kata ” PENSIUN”. Dua kata yang. bisa berarti sama dan bisa berarti berbeda. Arti sama adalah selesai namun berarti berbeda adalah jika Pensiun terkesan selesai sudah semua tugas dan urusan. Namun jika Purna Tugas adalah selesai atau tuntas tugas di Instansi yang di ikuti namun tetap bisa mengabdi dengan tanpa ikatan. Kalau pensiun bisa dengan Pensiun Dini, PDH,PTDH, dan Pensiun selesai masa dinas. Namun Kalau ” PURNA TUGAS” Maka anggota atau peraonel yang bersangkutan telah sukses dan tanpa cela mengabdi sampai batas kedinasan yang di tentukan . Ini adalah sebuah “Prestasi” dan “Kebangggaan” baik buat Keluarga, Instansi, dan rekan sejawat.

Terkait dengan hal tersebut maka pada pelaksanaan apel pagi di Polsek Laweyan hari Rabu (10/05/2017) terasa berbeda dengan apel pagi biasanya. Pagi itu apel diisi juga dengan acara Pelepasan Purna Tugas salah satu anggota Polsek Laweyan Ipda (Purn) Suroto yang telah memasuki masa Pensiun terhitung mulai tanggal 1 Mei 2017.

Kapolsek Laweyan Kompol Santoso SE MH yang saat itu memimpin Apel menyampaikan, “Pertama, saya mewakili Pimpinan dan Institusi Polri menyampaikan terima kasih atas pengabdian selama puluhan tahun, sampaikan juga terima kasih kepada keluarga karena sering kali demi tugas dari Komando, mengorbankan kepentingan keluarga. Semoga apa yang telah dilakukan dengan ikhlas dan semangat akan mendapat imbalan pahala dari Allah, selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan kembali ke masyarakat.
Kedua, atas nama Komando mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, mari saling memaafkan, semoga dengan ini bisa membuka pintu kebaikan buat kita bersama. Hikmah yang bisa kita ambil adalah bagaimana bisa mengabdi selama puluhan tahun sampai purna dalam keadaan sehat”.

Dalam pesan kesannya, Ipda (Purn) Suroto menyampaikan, “Selama masa tugas 38 tahun, pedoman saya dalam bekerja adalah dengan ikhlas dan senang hati, karena dengan seperti itu pekerjaan apapun pasti akan terasa ringan. Saya juga menganut kata bijak dari Sri Sultan HB IX, yaitu “narimo ing pandum”. Saya tidak mengira akan menjadi seorang Perwira, namun karena keihlasan saya dalam bekerja, Allah memberikan anugerah sehingga saya menjadi seorang Perwira.
Saya berdoa semoga tugas rekan-rekan semua bisa seperti saya, sampai pensiun tidak ada halangan suatu apapun. Bagi yang muda yang bercita-cita menjadi Perwira, saya doakan dimudahkan, bagi yang mau pensiun semoga tetap sehat sampai masa pensiun.”

Acara Pelepasan Purna Tugas ini juga diisi dengan pemberian tali asih oleh Kapolsek Laweyan kepada Ipda (Purn) Suroto.

Di tahun 1979, saat itu Suroto muda dilantik menjadi seorang Tamtama Polri berpangkat Bharada setelah menyelesaikan Pendidikan Secata di Lemdik Banyu Biru. Penugasan pertama di Polwil Surakarta, lalu tak lama setelahnya, ditugaskan di Polresta Surakarta.
Tahun 1983 mulai bertugas di Polsek Laweyan sampai dengan Pensiun tahun 2017 ini. Sebagian besar masa tugasnya adalah di Fungsi Reskrim dan Binmas sebagai Bhabinkamtibmas Sriwedari Laweyan Surakarta.
Riwayat Pendidikan Polri selanjutnya adalah Caba Reguler pada tahun 1986. Kemudian terhitung mulai tanggal 1 Pebruari 2017, mendapatkan pengahargaan pangkat Ipda hingga Pensiun pada 1 Mei 2017.

Setelah acara Pelepasan Purna Tugas ini dilanjutkan dengan Acara Kebersamaan yaitu sarapan bersama. Hadir dalam acara ini Camat Laweyan beserta Staf, Danramil Laweyan beserta Staf, dan awak media. Acara Kebersamaan ini berlangsung dalam suasana hangat dan akrab.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password