Dubes HAM Kerajaan Belanda, Kunjungi Kegiatan FKPM Negeri Amahusu.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku – Polda Maluku dipilih sebagai salah satu Polda yang menjadi target program kerjasama Polri – IOM karena, menurut hasil base line survey  yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian Universitas Pattimura Ambon pada tahun 2013 lalu, menyatakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian di daerah Maluku sangat rendah, untuk itu maka lewat kerjasama Polri-IOM tersebut diharapkan dapat mengembalikan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kepolisian di daerah Maluku ini.

Kerajaan belanda merupakan negara donator yang mendanai program kerjasama Polri-IOM, yang saat ini memasuki kerjasama tahap III untuk wilayah Papua, Papua Barat dan Maluku, yang saat ini telah memasuki tahap implementasi sampai ketingkat Negeri/desa, dimana menurut rencana pada tahun 2017 ini akan berakhir, sehingga untuk mengetahui sampai sejauh mana perkembangan program kerjasama tersebut Duta besar hak asasi manusia Kerajaan Belanda, Mr. KEES VAN BAAR bersama Deputy Chief of Mission IOM, Mr. GEORGE GIGAURI beserta rombongan, dalam kunjungan ke Polda Maluku, berkesempatan meninjau kegiatan FKPM ( Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat ) di Negeri Amahusu Kec. Nusaniwe Kota Ambon Selasa kemarin ( 09/05/2017)

Dalam kunjungannya ke Negeri Amahusu Mr. KEES VAN BAAR bersama Deputy Chief of Mission IOM, Mr. GEORGE GIGAURI beserta rombongan yang didampingi oleh Senior Project Assistant IOM Bpk. DANIEL DONY IRAWAN yang juga berperan sebagai translater, diterima langsung oleh Direktur Binmas Polda Maluku KOMBES POL. Drs. MOH. YAMIN SUMITRA dan Penjabat Raja negeri Amahusu Bpk. H. TOMASILA,SE, M.Si beserta Saniri Lengkap Negeri Amahusu.

Dalam kunjungan tersebut VAN BAAR beserta rombongan berkesempatan melihat dan mengikuti langsung proses sosialisasi kepada masyarakat Negeri Amahusu tentang  “Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga “  yang disampaikan oleh Ibu INA SOSELISSA, Direktur Lembaga Swadaya masyarakat “ARIKA MAHINA” yang bergerak dibidang perlindungan perempuan dan anak yang juga merupakan ketua P2TP2A Kota Ambon

Dalam materi sosialisasinya,  pada intinya SOSELISSA menekankan bahwa Kekerasan bukanlah merupakan solusi dalam penyelesaian permasalahan dalam rumah tangga, karena perlu disadari bersama bahwa setiap individu dalam rumah tangga juga memiliki Hak Asasi sebagai seorang manusia ciptaan Tuhan, yang patut dihargai, dihormati, dilindungi dan dijunjung tinggi oleh setiap orang, masyarakat, Negara dan pemerintah.

Pada kesempatan kunjungan tersebut Deputy Chief Of Mission IOM, Mr. GEORGE GIGAURI berkesempatan menyampaikan kepada masyarakat Negeri Amahusu yang hadir dalam kegiatan sosialisasi dimaksud, bahwa beliau sangat tersentuh dan tertarik dengan music dan tari-tarian adat yang disugguhkan saat penyambutan rombongan dan bahwa pendidikan terhadap perempuan juga sangat penting karena dapat menunjang pembangunan bangsa serta jika ada persatuan di desa maka kegiatan apapun dapat dilakukan.

Tidak ketinggalan VAN BAAR dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa sangat berbeda datang ke Ambon saat ini dibandingkan dengan 15 tahun lalu, sekarang Ambon sangat Aman dan aktifitas terjadi dimana-mana, masyarakat saling berinteraksi satu dengan yang lain.

VAN BAAR juga mengatakan bahwa sangat menggembirakan karena semua orang berbicara tentang hidup bersama dalam kerukunan saat ini, dan yang paling penting ketika masyarakat dating melapor ke Polisi, laporan mereka langsung ditangani dengan serius,sehingga mereka ( Kerajaanbelanda ) sangat tertarik untuk mendukung kegiatan pencegahan konflik bersama Polda Maluku dan IOM.

Menurut Dubes HAM Negera Kincir angin tersebut, apa yang dilakukan saat ini kedepannya akan berhasil.

Diakhir kegiatan tersebut Dubes dan rombongannya berkesempatan menyampaikan ucapan terima kasih khusus kepada anggota FKPM dan Pilar Polmas Negeri Amahusu, karena sudah berperan aktif mendukung program kerja sama antara POLRI dan IOM, dan menunjang pelaksanaan tugas Kepolisian dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban didalam masyarakat.

Penulis  : Imelda Haurissa
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password