Dinilai Tak Memiliki Standar Kelayakan Jalan, Sepur Klinci di Sukoharjo Akan Ditindak

Tribratanews.polri.go.id, Sukoharjo – Dengan semakin banyaknya fenomena sepur klinci yang digunakan untuk mengangkut penumpang di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Satuan Lalu Linta (Sat Lantas) Polres Sukoharjo akan melakukan penindakan bila mana ada sepur klinci yang di gunakan untuk mengangkut penumpang dan melintas di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Sukoharjo terkait penindakan yang akan dilakukan kepada pemilik atau pengemudi sepur klinci, bila masih digunakan untuk mengangkut penumpang dan melintas di jalan raya. Karena sepur klinci merukan kendaraan umum  yang tidak memiliki standar kelayakan jalan.

“Selain kedaraan yang tidak memiliki kelayakan jalan kita harus tindak,” kata AKP Finan, Rabu (10/05/2017).

Kendati demikian, sebelum melakukan penindakan pihaknya (Sat Lantas)  juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada pembuat sepur klinci dan pemilik sepur klinci terkait penggunaan kendaraan sepur klinci yang digunakan untuk mengangkut penumpang di jalan raya. Akan tetapi bila surat pemberitahuan sudah diberikan dan mereka masih tetap mengangunakan sepur klinci untuk mengakut penumpang di jalan raya, terpaksa akan dilakukan penindakan.

“Bila digunakan di tempat rekreasi silahkan, namun jangan digunakan untuk mengangkut penumpang di jalan raya,” kata Finan.

Lebih lanjut, Finan mengaku pihaknya sudah mengirimkan kurang lebih 20 surat pemberitahuan kepada pihak pembuat sepur klinci dan pemilik sepur klinci. Saat dilakukan konfimasi lebih lanjut ke pihak pembuat sepur klinci mengaku. Bahwa mereka membuat sepur kelinci berdasarkan pesanan, dan pesenanan balik banyak saat ini berasal dari wilayah Jawa Timur. Namun masih ada juga pesanan dari dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo.

“Jadi intinya kita sudah memberikan peringatan sebelum melakukan penindakan, dan kita dalam melakukan penindakan tidak mengarang ngarang itu sudah tertera di undang undang 22 tahun 2009 bahwa setiap kendaraan di jalan raya harus memiliki kelayakan jalan,” tandas Finan.

penulis : Eka Prasetia

editor : Umi Fadilah

publish : Polres Sukoharjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password