Kapolda DIY Hadiri Workshop Literasi Media Dalam Upaya Cegah Tangkal Paham Radikal dan Terorisme di Alna Hotel Yogyakarta

tribratanews.polri.go.id -jogja- Workshop Literasi Media Dalam Upaya Cegah Tangkal Paham Radikal dan Terorisme di Masyarakat Forum Pencegahan Penanggulangan Terorisme Yogyakarta (FKPT DIY) menyelenggarakan Workshop Literasi media dalam upaya cegah dan tangkal paham radikal dan terorisme di masyarakat. Workshop yang diselenggarakan oleh FKPT DIY di Alna Hotel Yogyakarta, Rabu 10 Mei 2017.

Pada acara ini hadir Kapolda diy kepala BNPT Ketua FKPT DIY KH. Abdul Muhaimin, Kabinda DIY, Forkompinda, Kesbangpol DIY dan diikuti 95 orang peserta. Workshop ini dibuka oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. serta KH Abdul Muhaimin (Ketua FKPT DIY dan Pegiat Kerukunan Umat Beragama. Acara ini dimulai pada 8.00 WIB dan berakhir nanti 17.00 WIB petang.

Workshop ini bertujuan bagaimana memperkuat masyarakat sebagai institusi sosial terkecil dan generasi muda agar menjadi benteng sosial yang tangguh dalam membendung berkembangnya paham-paham radikal dan aksi terorisme dan ekstremisme. Dengan pemberdayaan dan penguatan masyarakat dan generasi muda diharapkan mereka akan menjadi basis dan benteng terdepan sekaligus salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam rangka pencegahan terorisme dan radikalisme dan maraknya hoax yang melanda saat ini, ujar KH Abdul Muhaimin.

“Terorisme akan selalu menjadi ancaman serius. Untuk menghadapinya pun harus dilakukan secara serius.” jelas Kapolda DIY.

Sebagian masyarakat mungkin tak menyadari bahwa mereka terus melancarkan propagandanya karena tak terlihat secara kasat mata. Akan tetapi, kalau kita mau telusuri, ideologi dan paham radikal ini terus merasuk ke ruang publik bahkan mungkin telah mencoba menyusup mengarah ke anggota masyarakat kita. Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan terorisme. Dalam hal ini, menjadi tugas dan tanggung jawab kepolisian dan tentunya di dukung oleh masyarakat. Namun, lembaga ini pun memilki keterbatasan kemampuan. Tentunya untuk berjuang mencegah aksi terorime di bumi Indonesia tidak bisa sendirian. Berbagi peran dalam mengemban amanat negara ini menjadi suatu keharusan.

penulis : rendRa
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password