Ops Patuh di Grobogan, Satlantas Gelar Razia di Pelosok Pedesaan

Tribratanews.polri.go.id, Grobogan – Untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya dan menekan jumlah pelanggar lalu lintas, Polisi Gelar Operasi Patuh Candi 2017 di seluruh Indonesia tanpa ada pengecualian. Operasi Patuh yang dilakukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas, untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan.

Dengan tujuan utamanya adalah untuk keselamatan para pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Jika pelanggaran berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat. Operasi digelar selama 14 hari mulai Selasa 9 sampai 22 Mei 2017.

Operasi Patuh Candi Polres Grobogan dilakukan hingga pelosok pedesaan. Pasalnya, tingkat pelanggaran lalu-lintas di pelosok pun tergolong tinggi. Terutama dalam mematuhi aturan penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor.

“Operasi Patuh ini tak hanya dipusatkan di pusat-pusat keramaian atau rawan kesemrawutan, tapi juga akan dilakukan hingga ke pelosok. Ketertiban berlalu-lintas tidak hanya di perkotaan saja, tapi harus dipatuhi semua lapisan masyarakat,” ucap Kasatlantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa SIK SH, Rabu (10/5/2017).

Kali ini kegiatan di wilayah Polsek Wirosari. Dipimpin Kapolsek AKP Zaenuri dan Kanit Turjawali Satlantas Polres Grobogan Ipda Affandi, razia digelar di jl. Purwodadi – Blora KM 15.

Menurut AKP Zaenuri, selama ini wilayah pelosok jarang tersentuh operasi penertiban lalulintas akibat keterbatasan petugas Satlantas. Sementara jajaran Polsek di daerah pun harus berkoordinasi dengan Satlantas jika hendak melakukan razia lalu-lintas. “Apalagi petugas Polsek memiliki keterbatasan dalam penerapan pasal-pasal yang dilanggar pengendara,” Kata AKP Zaenuri.

Kapolres Grobogan, AKBP Satria Rizkiano SIK MSi MM menambahkan, operasi Patuh kali ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas. “Penindakan terhadap pelanggar lalu-lintas bukanlah semata untuk kepentingan polisi, melainkan demi keselamatan pengendara itu sendiri,” kata Kapolres

“Jalan raya adalah milik bersama, bukan milik pribadi. Jadi, dalam berkendara harus memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain. Penindakan terhadap pelanggar bukan untuk polisi namun untuk keselamatan pengendara itu sendiri,” pungkasnya.

Penulis : Made

Editor : Umi Fadillah

Publish : Teddy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password