Kapolres Belu NTT Bangun Sistem Paramater Penilaian Kinerja Bhabinkamtibmas Berbasis IT

IMG_4111Tribratanews.polri.go.id-Polda NTT,Sebagai Upaya cipta kondisi jelang hari raya Idul Fitri 2017, Kepolisian Negara Republik Indonesia selama 14 hari, aDalam rangka melakukan pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja anggota Bhabinkamtibmas secara periodik, Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan, SH, SIK, M.Si akan membangun sebuah sistem penilaian berbasis IT.

Sistem ini adalah bagian dari panel utama dari Aplikasi BLAST (Belu Anticipation Systems), sebuah inovasi berbasis IT yang di buat oleh Kapolres Belu, semata-mata untuk mendekatkan pelayanan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka yang membutuhkan bantuan polisi.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu saat membuka rapat analisa dan evaluasi anggota Bhabinkamtibmas, senin (8/5/17). Melalui Sistem ini lanjut Kapolres, akan secara langsung memberikan ranking penilaian atas kinerja Bhabinkamtibmas.

“Aplikasinya masih Kita garap dan sebentar lagi akan Kita launching. Untuk kedepan, Setiap kegiatan Bhabin akan dimonitor melalui sistem tersebut. Disitu nanti keliatan mana Bhabin yang aktif dan mana yang tidak.Yang rajin dan banyak kegiatan, akan Saya beri Reward dan sebaliknya, yang malas akan Kita evaluasi”kata Kapolres Belu.

“Tidak hanya reward, BBM nanti akan Kita tambah bagi mereka yang rajin. Sengaja Saya buat seperti itu, supaya dalam hal pemberian perhatian,tidak Kita sama ratakan antara yang rajin dan malas”lanjut Kapolres Belu.

Selain sistem penilaian kinerja Bhabin, tersedia juga panel utama dari Aplikasi ini yakni sistem 3 pilar kamtibmas yang memuat data 3 pilar dan laporan pengaduan.

“Di sistem ini semuanya sudah lengkap dari data lengkap Bhabin dan desanya serta anggota Babinsa dan lurah/kepala desa. Sementara di kolom pengaduan, disitu masyarakat bisa memberikan pengaduan secara langsung. Misalnya di desa A ada kejadian, masyarakat bisa langsung masuk di kolom desa A. Nanti pengaduan tersebut secara otomatis masuk dalam data base rekan-rekan, ke Saya dan juga Kasat Binmas”terang Kapolres.

Aplikasi android ala Polres Belu, sebut Kapolres Belu, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Polisi kepada masyarakat dan meningkatkan peran serta masyarakat demi terwujudnya Kab.Belu dan Malaka yang aman, nyaman dan kondusif.

Untuk diketahui, Aplikasi program “BLAST Polres Belu” yang hampir mirip aplikasi Polisi Katong Polda NTT, dilengkapi sistem database yang terintegrasi langsung dengan ruang kontrol atau command center Polres Belu.

Di command center, seluruh kendali operasi dan kontrol pelayanan publik berbasis aplikasi android dilakukan oleh operator selama 24 jam untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Dengan adanya aplikasi “BLAST Polres Belu”, maka Polisi akan lebih mudah menginventarisir semua persoalan yang ada di tengah masyarakat maupun wilayah perbatasan RI-Timor Leste, serta bisa mendapatkan layanan publik yang cepat dan tepat seperti proses pembuatan SIM online, SKCK online dan lain sebagainya.

Penulis : Eja Manto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Eja Manto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password