Presiden Indonesia Resmikan Pos Lintas Batas Negara di Skouw

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo serta ibu Negara Iriana Joko Widodo Meresmikan Pos Lintas batas Negara (PLBN) terpadu Skouw Kota Jayapura, Selasa (9/5/2017).

Dalam giat peresmian ini turut hadir para Mentri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Pangdam XVII Cenderawasih, Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafly Amar, tokoh Agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan Sejak hari pertama dirinya dilantik, ia menyampaikan pemerintahan sudah jelas menyatakan daerah perbatasan tidak boleh dilupakan karena merupakan beranda-beranda terdepan Indonesia.

“Seperti kita berada saat ini di Skouw, harus menjadi kebanggaan kita semua. Kebanggaan masyarakat Papua dan kebanggaan Indonesia,” kata Presiden RI.

Lagi lanjut Presiden, pembangunan juga harus menciptakan kantong-kantong pertumbuhan ekonomi baru. Presideng menyampaikan bahwa hal ini wajib dilakukan, jangan sampai hanya berdiri kantor tapi tidak memiliki efek ekonomi terhadap masyarakat.

“Pasarnya pasar modern yang dalam proses dibangun dan tahun depan harus selesai. Harus Kerja siang dan malam serta jumlahnya saya minta ditambah,” ujar Ir. Joko Widodo.

Presiden Republik Indonesia Resmikan Pos Lintas Batas Negara di Skouw

Presiden meminta agar ada pembinaan sehingga barang-barang yang dijual tidak hanya itu-itu saja, dikembangkan agar tidak hanya urusan sembako, garmen tapi yang lain seperti elektronik dan lain-lain karena Indonesia bisa memproduksi barang-barang itu.

“Kalau dibandingkan pada saat saya ke PNG saya melihat harga-harga di kita masih jauh lebih murah daripada di PNG. Baik sembako, garmen maupun elektronik sehingga mestinya dari sini barang itu di suplai bukan dari tempat yang lain,” ungkap Ir. Joko Widodo.

Presiden menambahkan, ini sebuah kesempatan dan peluang yang harus dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia terutama rakyat Papua, karena ini pintu masuk paling dekat ke PNG.

“Saya minta agar dijalankan sistem pengelolaan kawasan perbatasan ini yang lebih terpadu dan terintegrasi. Ini penting agar kawasan pos lintas batas ini bisa dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang baru,” kata Ir. Joko Widodo.

Usai sambutannya Presiden Republik Indonesia langsung meresmikan pengeporasi Pos Lintas Batas Negara di Skouw dengan menekan tombol serine dan penandatanganan Prasasti yang didampingi oleh Mentri pekerjaan umum dan perumahan rakyat Indonesia serta Gubernur Provinsi Papua.

Penulis      : Made Dodi / Sosra
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password