Cegah Tindakan Asusila: Brigpol Widodo Bersama Aparatur Desa Tingkatkan Ronda Malam

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sambas, Guna menjaga kondusifitas di Kecamatan Jawai Selatan, tepatnya di Desa Jelu Air maka pada hari senin (08/05/17) jam 22.00 wib . Bhabinkamtibmas Desa Jelu Air beserta aparatur desa melakukan ronda malam dengan sasaran nongkrongnya pasangan muda-mudi di tempat yang tidak layak dan diduga tempatnya untuk melakukan tindakan asusila.

Berawal dari rapat di Balai Desa Jelu Air yang membahas tentang program pembangunan desa, Brigpol Widodo selaku Bhabinkamtibmas sempat mengusulkan melaksanakan kegiatan ronda malam pada waktu-waktu tertentu.

“Gagasan tersebut timbul dikarenakan banyak warga memberikan informasi kepada saya yang mengatakan sering ditemukan pasangan muda – mudi mojok ditempat – tempat yang tidak layak seperti kebun – kebun, gang – gang yang sepi serta ditempat ibadah sehingga mereka menduga perbuatan mereka menjurus melakukan tindakan asusila maupun hal – hal yang melanggar hukum agama”, tutur Brigpol Widodo

Hal ini dibuktikan dengan tanggapan dari Kepala Desa dijabat oleh Buljami dengan mengatakan, “kegiatan ini sangat baik sekali dilaksanakan guna membangun desa kearah yang lebih baik dan kami dari pihak apatur desa akan bersama – sama pihak kepolisian dalam hal ini petugas Bhabinkamtibmas akan turut serta pelaksaan ronda malam”.

Ronda malam tersebut dilaksanakan secara bersama – sama agar nantinya apabila menemukan hal – hal yang dapat meresahkan bisa ditangani dengan baik serta menghindari dari tindakan main hakim sendiri.

Adapun tempat – tempat yang dikunjungi seperti sekolahan, tempat ibadah, gang – gang yang sepi serta tempat-tempat yang biasa digunakan pasangan muda – mudi untuk bertemu.

Dalam ronda tesebut petugas ronda malam mengamankan sepasang muda – mudi yang nongkrong ditempat gelap tepatnya di Dermaga Penyeberangan Sungai Batang – Penjajap yang menghububgkan Kecamatan Jawai Selatan dan Kecamatan pemangkat.

Sebut saja inisial R dan Y pasangan tersebut berasal dari desa lain yang tempat nongkrongnya di Desa Jelu Air.

Ketika Bhabinkamtibmas menanyakan alasan mereka sampai nongkong ditempat tersebut dan pasangan tersebut menjawab kami hanya ngumpul biasa dan hanya berbicara melepas rindu. Walaupun apapun alsannya petugas ronda malam tetap memperingati pasangan tersebut untuk tidak melakukan hal tersebut lagi dikarenakan waktunya sudah larut malam sekali dan menyuruh pasangan tersebut untuk pulang kerumahnya.

“Kegiatan ronda malam ini sudah berjalan selama 2 bulan sampai malam ini dan biasanya selama seminggu dilaksanakan 3 atau sampai 4 kali dan dilaksanakan pada malam kamis, minggu dan selasa sedangkan waktunya dimulai pada pukul 22.00 wib karena pada jam tersebut sudah sangat larut bagi pasangan muda – mudi apalagi yang masih dibangku sekolah”, ulasnya dengan cukup tegas.

Penulis : Macmud Ridwan
Editor : Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password