Polda Papua Gelar Pengobatan Gratis

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Polda Papua melalui Direktorat Polisi Perairan dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan melaksanakan Pelayanan Medis Bedah Minor dan Pengobatan Umum Gratis di Kampung Hobong Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (9/5/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama Polda Papua dengan Dokter Share, TNI AL, Dinas kesehatan Kab. Jayapura, Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan BKKBN provinsi Papua.

Dalam kegiatan tersebut jumlah Polda Papua menurunkan sebanyak 40 personil yang terdiri dari Dit Pol Air Polda Papua sebanyak 30 orang dan Personil Bid Dokkes Polda Papua sebanyak 10 orang yang dipimpin langsung oleh Direktur Polisi Perairan Kombes Pol Bambang Karyanto.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura menurunkan 1 dokter umum dan 9 perawat, Dinas Kesehatan Provinsi Papua sebanyak 5 orang yaitu 1 dokter bedah dan 4 perawat, selanjutnya TNI AL melibatkan personil sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1 dokter umum, 1 dokter gigi dan 3 perawat dan dari doktor share sebanyak 24 orang terdiri dari 4 dokter bedah, dokter umum serta beberapa relawan.

Untuk pelayanan kesehatan gratis saat ini bukan hanya di Kampung Hobong, melainkan ada beberapa kampung juga diantaranya Kampung Pabrongko, Kampung Omfolo, Kampung Kameyaha, Kampung Atanali, Kampung Abar Mutalib dan Kampung Obang.

Polda Papua Gelar Pengobatan Gratis--

Dimana semua kampung tersebut berdekatan dengan kampung Hobong yang menjadi pusat atau tempat terselenggaranya kegiatan pelayanan medis bedah minor dan pengobatan umum gratis.

Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti dari target yang ditentukan yaitu sebanyak 500 orang saat ini sudah melayani sebanyak 523 orang.

Adapun visi dan misi Dokter Share ini adalah ingin membantu masyarakat yang sangat membutuhkan tenaga medis kesehatan yang mana di daerahnya sangat susah sekali akses kesehatan. Untuk itulah harapan atau impikan dokter Lie Darmawan, yaitu untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya wilayah pesisir Papua guna untuk pelayanan kesehatan.

Direncanakan setelah melakukan pelayanan di Kabupaten Jayapura, Tim akan menuju ke Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Biak dimana di Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Biak akan ada operasi minor yang dilakukan di Rumah Sakit Apung (RSA).

Kepala Kampung Hobong Danau Sentani mengatakan, kegiatan pelayanan ini sangat luar biasa, karena sebelumnya ia dan masyarakatnya belum pernah mendapatkan kegiatan semacam ini.

“Ini suatu terobosan yang sangat luar biasa. Semoga kedepannya dapat terlaksana mungkin sebulan sekali, mengingat akses kami ke kota Sentani menggunakan speed atau perahu motor karena jangkauan ke tempat kesehatan sangat sulit,” katanya.

Polda Papua Gelar Pengobatan Gratis-

Penulis      : Dewa Semara
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password