Polres Lotim Luncurkan Aplikasi E- Bhabinkamtibmas

TAMPILAN E-BHABINKAMTIBMAS POLRES LOTIM
TAMPILAN E-BHABINKAMTIBMAS POLRES LOTIM

Tribratanews.polri.go.id – Selong, Kepolisian Resor Lombok Timur terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terbukti dengan diluncurkannya Aplikasi E- Bhabinkamtibmas.

Aplikasi E-Bhabinkamtibmas  adalah website yang didesain untuk para Bhabinkamtibmas, dalam mempublikasikan kegiatannya secara Online dan mudah sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung kegiatan positif yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polres Lotim, dalam memelihara Kamtibmas (keamanan dan ketertiban)  di wilayahnya. Hal ini juga dilakukan merupakan salah satu bentuk penguatan terhadap mekanisme akuntabilitas internal termasuk mekanisme keterbukaan informasi publik sebagai upaya pengaplikasian Undang-undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Undang-undang No. 14 tahun 2008 adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan pada tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal April 2008 dan mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan. Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik tak terkecuali Kepolisian Republik Indonesia untuk membuka akses bagi setiap pemohon Informasi Publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu yang sudah diatur dalam Perkap nomor 16 tahun 2010 tentang tata cara pelayanan informasi public di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dijelaskan Kapolres Lombok Timur  AKBP Wingky Adhityo Kusumo S.I.K., MH, wilayah hukum Polres Lombok Timur Cukup Luas dan memiliki Penduduk terpadat di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Jumlah Personel yang belum memadai, maka dengan adanya Aplikasi E- Bhabinkamtibmas maka, Para Bhabinkamtibmas diberi kemudahan dalam pelaporan kegiatannya.

“Mereka tidak perlu meninggalkan desa tempat mereka bertugas hanya karena untuk mengantar laporanya”, terlebih jika desa itu cukup jauh dari Polres atau Polsek tempatnya bertugas, Jadi hanya dengan melalui aplikasi ini dan mengisi NRP serta paswordnya maka kegiatan mereka langsung termonitor oleh pimpinan, “jelasnya”.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Lotim AKP Herman SH, mengatakan dengan adanya aplikasi ini Proses Rekapitulasi yang dilakukan operator penghimpun data kegiatan Bhabinkamtibmas kini lebih cepat dibandingkan dengan sebelum diluncurkannya Aplikasi E- Bhabinkamtibmas.

Dari pantauan Humas Polres Lombok Timur, Grafik atu viwer yang mendownload atau sekedar melihat Aplikasi ini cukup banyak dan kini sudah mulai menjamur baik yang berada di wilayah perkotaan maupun yang tinggal di pelosok Desa.

Penulis : Syarif

Editor : Umi Fadilah

Publish : Syarif

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password