Pembunuhan di Pesisir Barat, Polres Lampung Barat Adakan Rekontruksi 25 Adegan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Lampung Barat. Kepolisian resor Lampung Barat menggelar rekontruksi ulang kasus pencurian dengan kekerasan yang dilakukan oleh 2 (dua) orang bersama-sama atau lebih dilakukan pada malam hari didalam sebuah rumah atau dengan sengaja dan dengan direncanakan lebih dahulu, menghilangkan jiwa orang lain dan atau disertai atau didahului dengan perbuatan yang dapat dihukum dan yang dilakukan dengan maksud untuk memudahkan perbuatan itu dan atau sengaja menghilangkan jiwa orang lain dan membantu melakukan kejahatan yang terjadi pada Kamis 16/08/2012 sekitar pukul 15.00 WIB di camp PT. 31 Pekon Kota Jawa, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat. sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 ayat ke-( 4 ) dan atau pasal 340 dan atau pasal 339 dan atau pasal 338 Jo 56 KUHPidana.

Rekontruksi ulang yang di gelar di Mapolres Lampung Barat pada Selasa 09/05/2016 pukul 14.00 Wib. dengan di hadiri Kasipidum M.Fahrudin Syuralaga,SH.MH. di dampingi Jaksa Penuntut Umum, Para Penyidik Sat Reskrim Polres Lampung Barat, dan hadir juga 3 orang dari Lembaga Humkum tanggamus yakni Selvi Lastari,SH.MH. Oka Armed Ripanding,SH. dan muhammad Nasrullah,SH. MH. dan tersangka AM.

rekon 1Kapolres Lampung Barat AKBP Andy Kemala,S.Ik.M.M., melalui Kasat Reskrim AKP Firmansyah,SH. menjelaskan, untuk rekontruksi peran korban di gantikan oleh Bripda Tomi selaku anggota Satreskrim. sedangkan peran pengganti saksi di gantikan oleh Bripda Indra Sandi anggota Satreskrim, sedangkan untuk pelaku di perankan sendiri oleh tersangka. dalam rekontruksi tersebut sebanayak 25 adega di peragakan oleh tersangka AM, saksi dan korban satu persatu di ulas kembali kejadian tersebut. untuk memberikan titik terangnya terhadap pelaku dalam kasus pembunuhan itu.

Rekon truksi dilaksanakan dari awal pelaku MD menelpon rekannya RD, mennayakan lokak kepadanya, pertanyaan itu di jawab banyak lokak di sini hingga tersangka di undang datang oleh RD. Kemudian AM berangkat menuju mess 31 dengan mengunakan motor honda Fit S. Sesampainya di mess 31 sekira pukul 19.00 Wib di jaga oleh Korban MS, tersangka mengirimkan SMS saya sudah didepan, selanjutnya rekanya RD menghampiri AM, kemudian RD berkata ayo kita minta uang sama korban MS. kalau tidak mau kita habisin aja. Selanjutnya MD berkata yah sudah terserah saja,”Jelanyas.

rekon 3Setelah RD masuk langsung meminta uang kepada korban MS akan tetapi korban tidak memberi uang terjadilah perkelahian, mendengar perkelahian tersebut tersangka MD masuk kedalam mess dan membantu RD selanjutnya RD mengambil pisau dapur dari dapur mess, kemudian menujahkan pisau dapur tesebut kebagian samping leher sebelah kanan korban sebanyak satu kali dan menusukan pisau di bagian perut korban sebanyak 5 kali.

Korban lari kearah depan sambil berkata “Allah ya Allah” kemudian tersangka AM, mengambil 1 buah kayu sepanjang 1 meter, dari belakang pintu dan memukulkan kayu tersebut kebagian leher belakang sebanyak 1 kali, dan korban terjatuh arah depan. tersangka AM merebut pisau dari tangan RD dan menusukan kepada korban pada punggung bagian belakang korban sebanyak 2 kali, korban tergeletak penuh darah dan kejang-kejang, tersangka AM dan RD memindahkan korban MS kesebuah rumah kosong yang berjarak kurang lebih 200 m dari mess,”Ucapnya.

Melihat korban MS masih bernapas terus dan kejang-kejang tersangka AM mengambil 1 buah batu besar mangkok kemudian di pukulkan kekepala korban pada bagian samping kanan hingga korban MS tidak bergerak dan tidak bernapas lagi, tersangka RD mengambil dompet milik korban MS, dari kantong celana korban. dan jasat korban di tutupin triplek oleh RD. hingga adegan terakhir tersangka AM meninggalkan rumah tersebut dengan menggunakan kendaraan motor Fit S miliknya, sedangkan RD menggunakan motor jupiter MX milik Korban MS,”Pungkasnya.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password