Kapolsek Nimbokrang Mediasi Rencana Pemalangan di 3 Kampung

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Kapolsek Nimbokrang IPDA Sugarda A.B.T.S.Tk melaksanakan mediasi rencana pemalangan di 3 kampung di wilayah Distrik Nimbokrang, Selasa (09/05/17).

Dalam mediasinya Kapolsek Nimbokrang mengharapkan agar aksi pemalangan kalau bisa jangan sampai terjadi karena apabila dilakukan pemalangan banyak masyarakat umum yang terkena imbasnya, mengingat jalan yang akan dilakukan palang merupakan jalan lintas antara Kabupaten Sarmi-Jayapura.

Kapolsek juga memberikan masukan kepada perwakilan yang dipercayakan oleh warga masyarakat 3 kampung agar minggu depan para kepala kampung, tokoh adat dan tokoh masyarakat dari 3 kampung menghadap Bupati Jayapura Mathius Awaitouw di Kantor Bupati Jayapura.

Ketua tim yang dipercayakan oleh 3 kampung untuk menyelesaikan pembayaran hak ulayat yang terkena pelebaran Jalan Agustinus Napo menyatakan akan melakukan pertemuan kembali dengan para masyarakat di 3 kampung yang rencananya akan dilakukan pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2017.

Agustinus mengatakan, di pertemuan tersebut nantinya akan mencari solusi lagi yang terbaik dan saran masukan yang disampaikan oleh Kapolsek Nimbokrang akan jadi pembahasan dan pertimbangan. Dirinya mengaku tidak bisa mengambil keputusan sendiri, karena kami sudah dipercayakan oleh tokoh adat dan masyarakat di 3 Kampung tersebut.

“Aksi pemalangan ini merupakan aksi terakhir bila aspirasi kami sudah tidak didengar lagi, mengingat permasalahan pembayaran hak ulayat yang terkena pelebaran jalan sudah ada satu tahun dan belum ada realisasinya dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Kami sudah menghadap ke Bupati tapi kami rasa kami dipermainkan dan tidak di hargai,” ungkap Agustinus.

Kapolsek Nimbokrang IPDA Sugarda A.B.T.S.Tk mengatakan, rencana pemalangan akan dilakukan di 3 titik yaitu Kampung Itjim Distrik Nimboran dengan lokasi pemalangan Pertigaan Itjim, Kampung Wahab Distrik Nimbokrang lokasi pemalangan pertigaan Wahab dan Kampung Hamonggrang dengan lokasi pemalangan di ujung Kampung Hamonggrang.

“Saya harapkan juga kepada Pemerintah Daerah agar bisa bersama-sama turun lapangan untuk berbicara, agar pemalangan ini tidak terjadi karena merupakan jalan utama trans Jayapura-Sarmi,” ujar Kapolsek Nimbokrang.

Pertemuan mediasi ini dihadiri oleh Kapolsek Nimbokrang IPDA Sugarda  A.B.T.  S.Tk, Kanit Sabhara Bripka  Joko T. Kusumo, Kanit Provos Brigpol Susanto, Kepala Kampung Wahab Samuel Boukwab, Sekretaris Kampung Wahab Soleman Pasik, tokoh masyarakat Agustinus Napo, tokoh adat Naftali Napo dan Yosep Napo.

Penulis      : Guntur
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password