Penyelenggaraan Kuisioner 360 Derajat Merupakan Implementasi Peraturan Kapolri.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Deden Juhara menjelaskan bahwa rancangan penyelenggaraan kuisioner 360 derajat ini merupakan implementasi pelaksanaan peraturan Kapolri No. 5 tahun 2015 tentang Sistem informasi personel Polri dan Keputusan Kapolri No. : 610 / XII /2016 tanggal 27 Juni 2016 tentang penyelenggaraan rekam jejak Perwira Polri.

Demikian dikatakan Kapolda saat membuka kegiatan rancangan penyelenggaraan kuisioner 360 derajat tahun 2017. Kapolda didampingi Waka Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Musa Ginting dan Drs,. Bambang Hastobroto, SH,Si, dan dihadiri para pejabat utama Polda Maluku berlangsung di Rupattama Polda Maluku pagi tadi, (9/5-2017).

Dikatakan bahwa kegiatan penyelenggaraan kuisioner 360 derajat ini mempunyai tujuan untuk berpedoman dalam pengelolaan sistem informasi pegawai negeri pada Polri. Dengan terwujudnya pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan informasi tentang pegawai negeri pada Polri yang tepat, akurat dan tersaji setiap saat, sebagai sarana pendukung dalam pengambilan keputusan guna mewujudkan Polri yang profesional.

Selain itu juga lewat penyelenggaraan kuisioner 360 derajat diharapkan setiap personil Polri dapat mengetahui rekam jejak baik itu dalam hal peningkatan kemampuan secara profesional maupun kekurangan-kekurangan yang dimiliki sehingga kedepan dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kemmpuannya dalam menunjang pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian ke arah yang lebih baik, harap Kapolda.

Sementara itu, sambutan As SDM Kapolri Irjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto,Msi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs. Bambang Hastobroto,SH,SI, (Kabag penkompeten Robinkar SSDM Polri) Antara lain menyatakan bahwa, dilaksanakan kegiatan ini terlaksana khususnya di bidang penataan pembinaan sumber daya manusia untuk mendapatkan nilai 12, 24 dan penyelenggaraan Assessment Center dalam rangka promosi jabatan terbuka untuk memberikan kontribusi yang cukup besar, sehingga kegiatan ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam mewujudkan reformasi birokrasi Polri, disamping itu juga menjadi kebutuhan organisasi untuk meningkatkan kualitas kompetensi personel yang akan menduduki Jabatan strategis di lingkungan Polri, jelas As sdm.

Lebih lanjut dikatakan,  selain melakukan kalibrasi penilaian kompetensi Kapolres, SSDM Polri juga melakukan monitoring terhadap penyelenggaraan Assessment Center di tingkat Polda serta pelaksanaan rekam jejak melalui komponen kuesioner 360 derajat, baik dalam proses penilaian maupun pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana pendukung, serta input data rekam jejak pada komponen kuesioner 360 derajat, paparnya.

Lebih jauh dikatakan bahwa, seiring dengan meningkatnya kegiatan assessment center di tingkat Polda ini merupakan suatu kemajuan sangat positif bagi organisasi, dan perlu kesungguhan kita dalam memanfaatkan hasil assessment bagi pembinaan karier personel Polri, dan SSDM Polri berupaya untuk mendorong Polda lebih aktif dengan cara melengkapi sarana CAT (Computer Assisted Test) yang didistribusikan secara bertahap kesemua Polda mulai tahun 2016, ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya As SDM menegaskan bahwa untuk Polda yang sudah memiliki perangkat tersebut agar dapat mmlihara perangkat tersebut dengan baik, sedangkan Polda yang akan menerima perangkat Cat (Computer Assisted Test) dengan diharapkan dapat mempersiapkan tempat dan sarana lainnya, sehingga kegiatan ini dapat lebih optimal, harapnya.

Penulis  : Arifin Tuharea
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password