Gelar Pasukan, Polres Inhil Siap Wujudkan Tujuan Operasi Patuh Siak – 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil – Kepolisian Resor Indragiri hilir menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Siak – 2017 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang Kamseltibcar Lantas di lapangan apel Mapolres Inhil, Jl. Gajah Mada No. 2, Tembilahan, Kab. Inhil, Selasa (09/05/2017).

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Wakapolres Inhil Kompol DR. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H bertindak sebagai pimpinan apel. Sementara Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Inhil Ipda Ismail bertindak sebagai Komandan apel. Sedangkan Kasat Lantas AKP Jusli, S.H bertindak sebagai Perwira apel.

Apel gelar pasukan ini turut dihadiri Sekda Kab. Inhil Said Syarifuddin, S.E, M.P, Kabag Ops Polres Inhil Kompol Maison, S.H, Kabag Ren Polres Inhil Kompol S. Suryadiningrat, S.Sos, M.Si, Dandim 0314/Inhil yang diwakili oleh Kapten ARH Sugiono, Komandan Detasemen Sub Denpom I/3 – 2 Tembilahan Lettu CPM Maihendri, Kadishub Kab. Inhil diwakili oleh Evaremon, Kasatpol PP yang diwakili oleh Febri Sahwani, Kabid Bina Marga Dis PUPR Inhil Yusnaldi, Jasa Raharja yang diwakili Elvan Rahmat beserta sejumlah perwira Polres Inhil.

Selain unsur forkopimda, apel gelar pasukan ini juga dihadiri personel Kodim 0314/Inhil, Polres Inhil, Dishub dan Satpol PP.

Dalam amanatnya Wakapolres Inhil Kompol DR. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H membacakan amanat Kepala Korp Lalu lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Royke Lumowa, M.M yang mengatakan bahwa pelaksanaan “Operasi Patuh” ini bertujuan untuk mewujudkan dan memelihara Kamseltibcar Lantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kulaitas pelayanan kepada publik.

Menurut Kakorlantas Polri di era Modernisasi saat ini, yang perlu untuk dicermati terhadap permasalahan di bidang lalu lintas yaitu meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk serta perkembangan angkutan publik yang sudah berada dalam genggaman (cukup dengan Handphone). Oleh sebab itu, Polri khususnya Polantas harus mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah Keselamatan bagi pengguna jalan. Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan refresif berupa penegakkan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas. Sehingga terwujud disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta turunnya anggka kecelakaan lalu lintas.

Usai apel, Wakapolres Inhil Kompol DR. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H terlihat di wawancarai beberapa awak media. Dia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan refresif, tetapi tidak mengesampingkan upaya-upaya preemtif seperti sosialisasi dan himbauan.

Terkait dengan peran masing-masing satgas, Kasat Lantas Polres Inhil AKP Jusli, S.H mengatakan bahwa dalam operasi ini terdiri dari satgas preemtif, satgas preventif, satgas gakkum dan satgas banops yang akan bekerja sesuai perannya masing-masing.

“Secara teknis pelaksanaannya dilakukan dengan razia, dimana razia tersebut dilakukan dengan dua cara bertindak yaitu sistem stasioner dan sistem hunting pada jalur-jalur yngg sudah kita jadikan target operasi,” jelas AKP Jusli, S.H saat diwawancarai di lapangan apel Polres Inhil.

04

03Penulis : Rio F Sinaga

Fotografer : Rio F Sinaga

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rio F Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password