Antisipasi Penimbunan Pangan, Dir Reskrimsus Gorontalo Rapat Koordinasi Satgas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Dir Reskrimsus Polda Gorontalo Kombes Pol Totok Suharyanto Sik.M.Hum melaksanakan rapat koordinasi Satgas Pangan Polda Gorontalo di Aula Rupatama. Senin (08/9) Pukul 13.00 Wita

Ikut hadir dalam rapat tersebut Dinas Perindustrian, Perdagangan, Dinas Pertanian Prov. Gorontalo, Dinas Ketahanan Pangan Prov. Gorontalo, Dit Intelkam Polda Gorontalo, Dit Sabhara Polda Gorontalo dan Bid Propam Polda Gorontalo.

Kombes Pol Totok Suharyanto Sik.M.Hum mengatakan bahwa dari hasil rapat koordinasi maka di bentuk tiga satgas yaitu , Satgas 1 : wilayah Kab. Gorontalo, Satgas 2: wilayah Kab. Bone Bolango, Kab. Boalemo dan Kab. Pohuwato sedangkan Satgas 3: wilayah Kotamadya Gorontalo.

Selain itu, Dit Intelkam Polda Gorontalo bahwa pihaknya akan memberikan informasi dan data terkait perkembangan harga sembako dipasaran, lokasi penimbunan sembako dan lokasi pasar yang terjadi kenaikan harga sembako beserta pelakunya.

Kombes Pol Totok menambahkan bahwa Operasi Pasar di wilayah Kota dan Kabupaten di Prov. Gorontalo yang akan dimulai pada tanggal 18 Mei 2017 s/d tanggal 2 Juli 2017 dengan melibatkan Satgas Pangan dan apabila ditemukan penimbunan sembako yang dapat menyebabkan kenaikan harga sembako di atas harga HET dan melebihi koefisiensi harga dari Dinas Ketahanan Pangan akan dilakukan penindakan,” Ungkapnya

Penindakan terhadap pelaku pasar sesuai dengan Dasar hukum penindakan terhadap pelaku pelanggaran menerapkan pasal 107 jo 29 UU No. 7 Thn 2014 tentang perdagangan dan pasal 133 jo 53 UU No. 18 Thn 2012 tentang pangan.

Dir Reskrimsus menambahkan bahwa dalam proses penyidikan terkait sembako dimaksud telah disepakati pemberian keterangan Ahli oleh Dinas Perindagkop Prov. Gorontalo, Dinas Pertanian Prov. Gorontalo dan Dinas Ketahanan Pangan Prov. Gorontalo dengan menyesuaikan penerapan pasal yang diterapkan terhadap pelaku.

Penulis          : Hardiyanti

Editor            : Umi Fadilah

Publish          : Hardiyanti

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password