Ops patuh Candi 2017 : Kedepankan Humanis, Tindak Tegas Pelanggar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono M.M., M.Hum pimpin Gelar Pasukan Ops Kepolisian Terpusat Patuh 2017 dilanjutkan pemeriksaan pasukan dan memberikan penyematan pita Ops Patuh Candi kepada perwakilan anggota yang terkena Ops Kepolisian Patuh 2017, Selasa (9/5/2017).

Kapolda Jateng mengharapkan dalam Operasi Patuh Candi ini mengutamakan keselamatan jika ada pelaku yang tidak tertib itu harus diberi tindakan tegas namun humanis.

Operasi Patuh Candi “Terpusat” 2017 akan digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia ini akan dimulai pada hari Senin tgl 09 Mei s/d 22 Mei 2016 (14 hari) secara serentak di seluruh Indonesia.

Operasi Patuh Candi 2017 ini bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan.

Untuk pengendara sepeda motor, kesalahan-kesalahan yang akan dikenai tilang di antaranya kelengkapan surat surat kendaraan, pengendara melawan arus, pelat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, pembonceng tidak pakai helm atau dua-duanya, motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi) dan harus nyala lampu besar di siang hari. Selain itu, melanggar lampu merah, melanggar marka jalan dan garis stop, dan naik motor lebih dari dua orang juga akan di tindak.

Sementara, untuk pengendara mobil ada beberapa sasaran, antara lain pelat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, tempel logo/simbul pada plat nomor, pakai rotator/sirene pada mobil pribadi, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka jalan dan garis stop.

Dalam Operasi Simpatik lalu Kepolisian RI hanya menegur, sekarang Kepolisian RI melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas. Operasi Patuh melibatkan beberapa pemangku kepentingan, yaitu Dinas Perhubungan (Dishub), TNI, PM, dan Garnisun.

“Panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memproseduri keamanaan dan keselamatan bagi petugas yang melaksanakan Ops Patuh Candi 2017, “tutur Kapolda Jateng.

Penulis : Anggah

Editor : Umi Fadilah

Publish : Wagiman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password