Polres Tolitoli Lakukan Apel Gelar Pasukan Sebagai Tanda Dimulainya Operasi Patuh Tinombala 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tolitoli, Sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Tinombala 2017, Polres Tolitoli melaksanakan apel gelar pasukan yang diikuti oleh instansi-instansi terkait, seperti TNI dan Dinas Perhubungan Tolitoli, Selasa, (9/5/2017).

IMG_2384-864x576

Apel gelar pasukan yang dimulai pada pukul 08.30 WAITA ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tolitoli AKBP M. Iqbal Alqudusy SH SIK juga dihadiri oleh Dandim 1305 Buol Tolitoli, Danlanal Tolitoli, dan Forkompimda Tolitoli.

Dalam amanatnya, Kapolres Tolitoli mengatakan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan, Polri dituntut untuk mewujudkan dan memelihara kamseltibcarlantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Keempat poin di atas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak” jelas Kapolres Tolitoli.

Dalam apel gelar pasukan ini dilakukan pemeriksaan pasukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota dalam melaksanakan operasi yang akan dilaksanakan selama 14 hari ini dan penyamatan tanda pita yang mana merupakan inti dari kegiatan apel gelar pasukan, hal ini dimaksudkan sebagai tanda dimulainya operasi.

Beberapa target yang menjadi sasaran dalam operasi ini adalah yang dapat berakibat fatal dalah hal kecelakaan lalu lintas seperti halnya melawan arus, menggunakan alat komunikasi saat berkendara, dan tidak menggunakan pelindung kepala.

Pelanggaran lalu lintas seperti tidak menggunakan kelengkapan kendaraan dan kelengkapan perorangan juga akan dilakukan penindakan berupa tilang.

“Kita niatkan kita melakukan penindakan adalah untuk menyelamatkan nyawa orang tersebut” ujar Kapolres Tolitoli dalam Lat Pra Ops kemarin, Senin, (8/5/2017).

Penulis : Hernawan Saputra
Editor : Umi Fadilah
Publish : Syahrul Ashar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password