Bhabinkamtibmas Polres Wonosobo Berhasil Bebaskan Petani dari Sistem Ijon

tribratanews.polri.go.id, Wonosobo – Pembelian ijon adalah membeli buah- buahan atau tanaman sayuran atau padi dalam keadaan buah masih dipohonnya dan dalam keadaan masih sangat muda dengan harga yang sangat murah. Sehingga belum dapat diketahui volume hasil panen.

Biasanya pembelian ijon ini dipatok dengan harga sangat mencekik petani, apalagi jika petani terlihat sedang sangat butuh uang, maka pembeli ijon ini semakin mencekik dan memiliki keuntungan berlipat-lipat .

Kemudian ada juga petani meminjam uang dari rentenir, dengan bunga berbunga yang sangat tinggi, sehingga petani terkungkung oleh hutang penyebab kemiskinan.

Latarbelakang itulah yang membuat Bhabinkamtibmas Desa Pulosaren Brigadir Arif Setyo Wibowo selalu turun tangan memberi penyuluhan tentang ijon dan rentenir yang membuat miskin. Tak tanggung-tanggung, Bhabinkamtibmas ini sering turun ke ladang membantu panen atau menanam sambil memberi penyuluhan. “Seiring waktu berjalan, maka Desa Pulosaren sekarang terbebas dari ijon dan rentenir, ” terang Brigadir Arif. “Jika butuh modal bertani pinjam saja pada kelompok tani atau ke bank sehingga terhindar dari ijon atau rentenir, ” katanya.

Penulis : Lis Kepil

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rahmad ZaZg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password