Jajaran Polres Bengkayang Tak Henti Lakukan Sosialisasi Cegah Karhutla

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Bengkayang, Jajaran Kepolisian Resort Bengkayang sedang aktif lakukan sosialisasi pencegahan karhutla guna mencegah terjadinya kebakaran hutan lahan dan kebun (Karhutla) di wilayah Kab. Bengkayang.

Begitu juga yang dilakukan oleh Satuan Binmas Polres Bengkayang yang di Pimpin oleh Kasat Binmas AKP Sijan pada hari Senin, (08/05/2017) yang melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat yang berada di Kelurahan Bani Amas Kab. Bengkayang.

Tidak hanya itu Sat Binmas juga menempel himbauan-himbauan yang berisi ajakan dan larangan untuk tidak melakukan pembakaran hutan, lahan dan kebun untuk bercocok tanam.

Polri bersama TNI mendapat perintah khusus dari Presiden Republik Indonesia untuk menghilangkan kabut asap akibat dari pembakaran hutan, lahan dan kebun.

Kapolres Bengkayang AKBP Bambang Irawan, SIK bahwa Polres Bengkayang tidak henti-henti untuk melakukan sosialisai kepada masyarakat dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas sebagai pengemban tugas pembinaan masyarakat, mengimbau kepada masyarakat maupun pengelola hutan/lahan untuk tidak melakukan pembakaran hutan, lahan dam kebun bila akan bercocok tanam.

“Saya akan perintahkan kepada seluruh bhabinkamtibmas untuk tidak bosan-bosannya sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak lagi membakar lahan untuk bercocok tanam”, ucap Kapolres.

Selain melanggar Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2004 tentang pengelolaan hutan atau lahan dan lingkungan hidup dapat dipidana 10 Tahun penjara atau denda Rp10 Miliar dapat juga merugikan kesehatan masyarakat itu sendiri.

Diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Bengkayang ini tidak ada lagi kebakaran hutan yang dapat menambah polusi udara. Masyarakat dapat memahami pentingnya fungsi hutan bagi kehidupan manusia demi kesehatan bersama serta terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Penulis : Ramon
Editor : Umi fadillah/Sugeng HS
Publish : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password