Antisipasi Napi Kabur, Kapolres Tegal Kota Sidak Ke Lapas Klas II B Tegal

Tribratanews.polri.go.id, Kota Tegal – Menyingkapi kaburnya warga binaan di beberapa daerah, Kapolres Tegal Kota AKBP Semmy Ronny Thabaa,SE bersama jajarannya mengunjungi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tegal, Jawa Tengah, Senin (08/05/2017).

Selain melihat dari dekat kondisi dan sejumlah ruangan lapas, Kapolres bersama rombongan juga melakukan dialogis dengan sejumlah warga binaan. Pihaknya juga memberikan motivasi dan sarana kontak.

“Ini upaya kami dalam mengantisipasi kejadian kaburnya para narapidana di Lapas Pekanbaru dengan membangun komunikasi bersama pihak Lapas Tegal,” Kata AKBP Semmy  Ronny  Thabaa didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Agus Surya

DSC_0750Menurutnya bagaimana menginventarisir kegiatan dan permasalahan disini seperti over kapasitas maupun kondisi lapas itu sendiri. Selain, dengan kendala-kendala di internal lapas kaitanya dengan keterbatasan personel agar bisa bersinergi.

Lebih lanjut, dikatakan dengan kondisi lapas yang luas dengan ratusan warga binaan ini, namun hanya dijaga beberapa anggota saja. Sehingga kapan saja diperlukan, jajaranya siap membantu dengan melakukan penebalan anggota.

Jadi untuk mengantisipasi, kita lakukan upaya ini dan nanti secara berkesinambungan akan diatur bersama. Alangkah naifnya, bila ada warga binaan yang kabur, terlebih jarak lapas dengan polres cuma beberapa meter, ” tegasnya

Lapas Rutin Pembinaa

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Agus Surya mengungkapkan saat ini jumlah penghuni lapas Tegal sebanyak 209 orang, sedangkan kapasitas hanya 150 orang sehingga termasuk kategori over kapasitas. Namun, alhamdulillah sampai saat ini aman.

Agus Surya menjelaskan selama ini kita mengedepankan upaya persuasif komunikasi bersama warga binaan. Ibaratnya kita ikat bukan cuma badanya namun juga hatinya, bahwa mereka disini sebagai warga yang pernah bersalah.

Baca juga : Kapolres bersama Warga Binaan Lapas Kota Tegal Unjuk Kebolehan – http://tribratanews.polri.go.id/?p=170670

Secara rutin kita laksanakan ceramah keagamaan. Setiap pagi , mulai jam 08.00 hingga jam 11.00 bergantian, demikian pula dengan warga binaan yang beragama non muslim. Selain itu, juga hiburan dengan karaoke atau main musik bersama, termasuk senam ” ujarnya.

Dirinya menambahkan. secara umum faktor keamanan di Lapas Tegal sama dengan Lapas-Lapas lainnya, yakni dengan jumlah petugas keamanan yang minin dan sarana prasarana yang kurang. Namun, apapun itu tentunya harus tetap kami laksanakan,” pungkasnya

Penulis : Kurnia

Editor : Umi Fadilah

Publish : Kurnia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password