Ditpolair Laksanakan Pengamanan Gawai Rakyat “Tolak Bala” Ke-14 di Rasau Jaya

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Minggu (07/05/2017) Keberagaman budaya merupakan kekayaan negeri yang tak bisa tergantikan, menjaga dan melestarikan keberagaman budaya sudah tentu menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia yang sangat menjunjung tinggi kearifan lokal, salah satu kegiatan yang berlangsung hari ini tanggal 07 Mei 2017 sampai dengan 13 Mei 2017 di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya yaitu Gawai Rakyat Rasau Jaya ke 14 tahun 2017.

Acara ini merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan masyarakat di Kecamatan Rasau Jaya bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki dan kemakmuran desa dengan menggunakan adat melayu dengan istilah lain “tolak bala”, yang dibuka oleh Bupati Kubu Raya Bapak H. Rusman Ali serta dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Kubu Raya, Muspika Kec. Rasau Jaya dan warga. Diawali dengan makan bersama di dermaga pelabuhan Rasau Jaya kemudian dilanjutkan dengan perlombaan olahraga sampan tradisional

Dalam acara ini Marnit Patroli Rasau Jaya mengambil peran dalam pengamanan dan SAR bersama instansi terkait lainnya. Direktur Polair Polda Kalbar Kombespol H. Alex Fauzi Rasad, S.ST.MK, SH. Melalui Kamarnit Rasau Jaya Bripka Suyitno menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena acara ini berjalan dengan baik atas peran serta seluruh elemen yang berada di Kecamatan Rasau Jaya, keberagaman dalam wadah NKRI seharusnya dijaga dengan baik agar terciptnya situasi kamtibmas yang kondusif terlebih Kecamatan Rasau Jaya yang multi kultur. Untuk itu dalam melaksanakan acara ini beberapa hari kedepan diharapkan seluruh masyarakat dapat menjaga kebersamaan, keamanan, keselamatan dan saling menghormati serta tidak membuat keributan dalam bentuk apapun.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama di Kecamatan Rasau Jaya Bapak Ngati’at, mengucapkan terima kasih kepada petugas Kepolisian Perairan yang senantiasa berada ditengah-tengah masyarakat, baik dalam acara kali ini maupun pada hari biasanya, keberadaan polair sangat membantu dalam hal keamanan dan kenyaman masyarakat dalam mengadakan acara ini sehingga situasi perairan Rasau Jaya aman dan kondusif.

Penulis : Sudirmo
Editor : Umi Fadlah/ Sugeng. HS
Publish : Cucu Safiyudin

Admin Polri54344 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password