Berikan Himbauan, Sat Polair Polres Brebes Sambangi Pedagang di Obyek Wisata Mangrove

Tribratanewspolri.go.id, Brebes – Sabtu (06/05/2017). Anggota Sat Polair Polres Brebes Jawa Tengah melaksanakan patroli dialogis kepada pedagang yang berjualan di pinggir jalan menuju Dermaga Obyek Wisata Hutan Mangrove di Desa Kaliwlingi kecamatan Brebes Kabupaten Brebes . Anggota memberikan himbauan tentang menjaga  kebersihan lingkungan di kawasan OW Hutan Mangruve serta waspada untuk  para pedagang untuk selalu berhati hati dengan peredaran uang palsu saat bertransaksi.

Setiap pedagang saat bertransaksi agar lebih waspada terhadap peredaran uang palsu, pihaknya memberikan masukan agar dilakukan pengecekan yaitu dengan 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang). Menurutnya uang yang asli memiliki warna yang cerah, tidak luntur, warna tidak patah-patah. Sedangkan uang yang palsu berwarna pucat dan seperti luntur. Selain itu uang yang asli mempunyai tanda air yang menggambarkan tokoh-tokoh pahlawan nasional, mempunyai benang tali pengaman yang berada di dalam uang kertas terlihat seperti dianyam, Diraba uang yang palsu biasanya berbahan kertas yang tipis, dan mudah lecek. Kalau lecek permukaannya seperti koran. Sedangkan kalau uang yang asli berbahan kertas agak lebih tebal dan halus. Dan bila diusap-usap pada bagian angka akan terasa agak timbul/menonjol. Diterawang uang tersebut ke sumber cahaya yang kuat seperti matahari dan lampu misalnya. Lihat pada bagian tanda air dan tali pengaman, apakah tercetak baik.

Diharapkan dengan kegiatan patroli untuk menumbuhkan rasa nyaman bagi  pedagang dan masyarakat pengunjung obyek wisata hutan mangruve, terkait dengan persiapan dalam menyambut bulan ramadhan agar kawasan obyek wisata tetap tertib dan bersih  dalam menyambut kedatangan wisatawan.(Hms/PID Polair)

Penulis : Ali

Editor  : Umi fadilah

Publish: Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password