Antisipasi Laka Lantas Pelajar di Pringsewu Lampung, Bripka Rudy Prawira Inginkan Perda Larangan Membawa Kendaraan Sendiri ke Sekolah

Tribraratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Ps. Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Kanit Laka Lantas) Polres Tanggamus, Bripka Rudy Prawira selaku menggaungkan agar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (Dprd) Kabupaten Pringsewu dapat merumuskan membuat dan mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) khusus kabupaten Pringsewu yang mengatur tentang larangan  anak sekolah membawa sendiri kendaraan Roda dua atau Bermotor untuk berangkat ke sekolah.

Melihat secara umum tingkat kecelakaan berlalu lintas yang terbesar saat ini pengguna kendaraan roda dua yang masih di bawah umur atau pun masih duduk sebagai pelajar di bangku sekolah, maka tergugahlah Bripka Rudy Prawira PS Kanit laka Polres Tanggamus  agar DPRD Pringsewu bersama instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kepolisian kiranya dapat merumuskan apa yang menjadi akar masalah atas fenomena maraknya anak usia remaja (pelajar) menjadi korban laka lantas bahkan sampai meninggal dunia.

Pejabat Bupati Pringsewu Lampung, Tanggapi Perda Larangan Pelajar Membawa Motor Sendiri ke Sekolah.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Bripka Rudy Prawira selasa,(3/4/17) lalu, dirinya melihat fenomena sekarang yang terjadi para pelajar yang tiap hari pergi ke sekolah dengan mengendarai motor sendiri dan di perburuk lagi dengan etika berkendara di jalan raya tidak tertib seperti tidak memakai helm, bonceng tiga dan tidak mematuhi rambu rambu lalu lintas yang ada.

Bila dilihat sejatinya anak-anak usia sekolah itu belum cukup umur untuk mendapatkan lisensi dalam mengendarai kendaraan bermotor atau SIM. Sementara di lain sisi kendaraan bermotor pribadi seakan akan sudah menjadi hal yang wajib bagi mereka (anak anak) untuk ke sekolah, dengan alasan transportasi umum kurang memadai dan alasan praktis, efisien dan cepat sampai ke sekolah untuk itu harus adanya forum komunikasi untuk mengupas fenomena ini.

Perlu adanya kesepahaman antar pihak pihak terkait agar tidak menimbulkan permasalahan baru, bila perlu sampai  merumuskan dan mengesahkan adanya Perda yang melarang pelajar (anak sekolah) menggunakan / memakai sendiri  sepeda motor untuk berangkat ke sekolah.

Semata mata demi menghindarai dan meminimalisir serta menekan angka korban kecelakaan di usia sekolah, sementara pihak kepolisian Sat lantas Polres Tanggamus terus berikan sosialisasi, penyuluhan ke sekolah sekolah,razia rutin namun tetap saja tingginya korban laka di usia pelajar.

“besar harapan saya  pada DPRD Pringsewu,  Dinas Pendidikan kabupaten Pringsewu  serta pihak Kepolisian agar dapat merumuskan dan mengesahkan tentang Perda tersebut dan bisa dilaksanakan, tujuanya adalah untuk menekan atau memperkecil angka kecelakaan berlalulintas yang terkadang  sampai mengakibatkan kematian. Inilah wujud nyata dari kami menyumbangkan saran semata demi kebaikan dan kemajuan Bangsa dan Negara Republik Indonesia ini” tutup Bripka Rudy Prawira. (*)

Penulis : Adi Chandra – Lampung1.com
Editor   : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password