Tanggul Sungai Cisanggarung Jebol, Ini Upaya Polri bersama Masyarakat

unnamedTribratanewspolri.go.id – Polres Brebes, Sungai Cisanggarung adalah sungai yang membelah di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dan Losari Cirebon. Hampir sebagian besar desa di wilayah Kecamatan Losari di lewati oleh sungai Cisanggarung. Seperti halnya Desa Bojongsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes adalah salah satu desa yang di lewati oleh sungai Cisanggarung.

Saat ini desa Bojongsari tengah menjadi sorotan oleh beberapa instansi yang ada di wilayah Kabupaten Brebes di karenakan desa tersebut sedang rawan tanggul jebol.

Kapolsek Losari AKP Suraedi merlalui Bhabinkamtibmasnya yakni Aiptu Surajan yang juga menjabat sebagai Kanit Binmas selalu rutin melaksanakan pengecekan di desa Bojongsari terutama wilayah yang di lewati sungai Cisanggarung.

Hampir setiap hari Aiptu Surajan selalu rutin melaksanakan pengecekan lokasi Desa Bojongsari yang di lewati oleh sungai Cisanggarung. Hal itu di lakukan agar Aiptu Surajan selalu dapat mengetahui situasi maupun debit air sungai Cisanggarung apakah rawan atau tidak manakala terjadi curah hujab dengan intensitas yang cukup tinggi.

Menurutnya dari data pengecekan dilapangan, ada beberapa lokasi yang rawan terjadi tanggul jebol akibat gerusan dari sungai Cisanggarung. Dengan adanya indikasi tersebut Aiptu Surajan menghimbau kepada perangkat desa maupun masyarakat Desa Bojongsari agar selalu melaporkan situasi sungai cisanggarung. Ada beberapa tanggul yang sudah terlihat terkikis bahkan ada juga yang sudah retak akibat arus sungai Cisangarung.

Namun, Minggu (01/01/2017) sekitar pukul 06.00 Wib, sesuatu yang dirawankan dan ditakutkan wargabenar-benar terjadi.  Akibat diwilayah Losari yang diguyur hujan selama beberapa jam mengakibatkan longsornya tanggul di daerah antara perbatasan   dengan  Babakan. Tentu kejadian tersebut sangat membahayakan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu Aiptu Surajan saat itu juga langsung bergegas cek lokasi longsornya tanggul dan langsung mengambil tindakan dengan melaporkan ke Kapolsek Losari AKP Suraedi dan Plt Camat Kecamata Losari. Koordinasi langsung dilakukan dengan instansi terkait, salah satunya dengan BBWS yang kemudian langsung ditindaklanjuti dengan perbaikan dan pemasangan tanggul sungai yang jebol.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah jebolnya tangul penahan sungai Cisanggaraung. Hanya saja air sempat menggenangi sejumlah perumahan warga,” terang Kapolsek Losari usai melaksanakan gotong royong bersama warga.

Sementara itu, guna mengantisipasi kedian berulang pihak kepolisian menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Losari yang desa nya di lewati sungai Cisanggarung agar selalu melaporkan situasi debit arus sungai Cisanggarung kepada instansi terkait supaya kejadian seperti di Desa Bojongsari tidak terjadi lagi. (Hms/PID Losari)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password