Bripka Sunarto : Dinas Nakertrans Kabupaten Sambas Tampung Pengaduan Karyawan PT. Persada Alam, Subah

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sambas, Subah, Jum’at (5/5/2017) pukul 13.30 wib bertempat di ruang rapat Dinas Nakertrans Kab. Sambas telah dilaksanakan pertemuan Klarifikasi terhadap pengaduan Karyawan Pt. Persada Alam, Subah yang telah di mutasi oleh pihak Perusahaan ke beberapa perusahaan yang masih dalam satu grup dengan Pt. Persada Alam, Subah yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit.

Bripka Sunarto sebagai Kanit Intelkam Polsek Subah menyampaikan bahwa hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kadis Nakertrans Kabupaten Sambas diwakili oleh Bapak Lutfi Amir, SH selaku Mediator, Asisten HRD Duta Palma Grup, Bapak Padlan, Manager Pt. Persada Alam, Bapak Hasibuan, Asisten Kepala Pt. Persada Alam, Bapak Ahmad Safari, Perwakilan Karyawan Pt. Persada Alam, Bapak Harun, Ketua Dewan Adat Dayak Desa Tebuah Elok, Bapak Antonius Apus, Ketua BPD Desa Tebuah Elok, Bapak Heronimus, Kadus Tebuah Elok, Bapak Erasmunra.

Bripka Sunarto menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut perwakilan karyawan yang dimotori oleh Bapak Harun menyampaikan beberapa hal antara lain yaitu merasa sangat keberatan dengan adanya mutasi yang dilakukan oleh pihak oleh Manajemen Pt. Persada Alam karena tidak di lakukan sosialisasi oleh pihak Perusahaan, bahwa mutasi yang dilakukan oleh pihak manajemen Pt. Persada Alam tidak mendasar serta tidak sesuai dengan MoU yang telah disepakati oleh pihak perusahaan sebelumnya, selanjutnya sebagian besar karyawan yang bekerja merupakan warga setempat Desa Tebuah Elok Kecamatan Subah Kabupaten Sambas, meminta kepada pihak perusahaan tidak mendesak karyawan yang telah dimutasi dengan cara memberikan surat panggilan kerja 1 dari perusahaan yang baru, yang mana ini bisa menjadi modus dari pihak perusahaan untuk melakukan PHK karyawan, karyawan yang dimutasikan oleh perusahaan menolak sepenuhnya mutasi yang dilakukan oleh Manajemen Pt. Persada Alam, dan yang terakhir dalam mutasi yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan bahwa tidak sesuai dengan jabatan dan jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh pihak karyawan di tempat mutasi yang baru, yang mana jenis pekerjaan akan ditentukan oleh pimpinan ditempat yang baru.

Atas hal-hal yang disampaikan perwakilan karyawan tersebut, Bripka Sunarto juga menyampaikan bahwa tanggapan yang disampaikan oleh pihak Perusahaan yaitu jumlah pekerja yang ada di Pt. Persada Alam berjumlah 164 (seratus enam puluh empat) orang dan yang di mutasikan sebanyak 80 (delapan puluh) orang yang di mutasi oleh pihak Manajemen perusahaan, dan mutasi ini terjadi dikarenakan Pt. Persada Alam masih belum mampu untuk mandiri, ketidak mampuan itu terjadi dikarenakan hasil yang diperoleh oleh pihak Pt. Persada Alam masih defisit untuk membayar gaji karyawan Pt. Persada Alam, sehingga pihak Manajemen mengambil kebijakan untuk melakukan mutasi sebagian karyawan sebanyak 80 (delapan puluh) orang ke grup duta palma Grup yaitu Salah satunya PT. WHS, pihak perusahaan sudah melakukan sosialiasi pada hari sabtu tanggal 22 April 2017 terkait dengan mutasi yang dilakukan oleh pihak manajemen, pihak Manajemen Pt. Persada Alam bisa menjamin bahwa jabatan dan pekerjaan lama akan sama di tempat kerja baru, memohon untuk karyawan yang di mutasi untuk segera berada di kebun tujuan/ tempat bekerja yang baru, apabila karyawan tidak juga hadir /datang ke tempat yang baru, maka pihak perusahaan yang baru berhak membuat surat panggilan untuk bekerja.

Adapun hasil kesimpulan dalam pertemuan tersebut, Sunarto menerangkan bahwa masih belum ada kesepakatan antara karyawan yang di mutasi dengan pihak Pt. Persada Alam, meminta pihak karyawan untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang ada di Pt. Persada Alam sehingga tidak ada benturan dengan penegak hukum dan yang terakhir, akan ada pertemuan lanjutan terkait untuk membahas permasalahan ini agar tidak berlarut larut. Pungkasnya.

Penulis. :Budhi Prayitno
Editor. :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish :Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password