Baru Sehari Terbentuk, Satgas Pangan Polres Lampung Selatan Sudah Berhasil Amankan 7 Ton Daging Impor dan 14 Dus Benur

Tribratanews.polri.go.id, Polres Lampung Selatan – Satgas Pengawasan Harga Pangan Polres Lampung Selatan, yang baru dibentuk kemarin, Jum’at (5/5/2017), bersama Balai Karantina Hewan Provinsi Lampung Wilayah Kerja (Wilker) Bakauheni, berhasil mengamankan sekitar 7 ton daging sapi / kerbau import asal India, dalam kegiatan razia yang dilaksanakan pada Sabtu dini hari (6/5/2017), di Pelabuhan Bakauheni. Dari hasil pemeriksaan Satgas Pangan, termasuk Balai Karantina Hewan Provinsi Lampung wilker Bakauheni dinyatakan bahwa, untuk sementara beberapa dokumen persyaratannya tidak disertakan, diantaranya : Sertfikat dari Balai Karantina Merak tidak ada, alat angkut yang digunakan tidak sesuai peruntukan, seperti harus memakai coolstorage atau mobil pendingin., tidak ada surat dari BPOM, dan label halal MUI tidak ada. Ketika dilaksanakan intrograsi dan pengecekan penerapan pasal sesuai UU Pangan dan UU Perlindungan Konsumen, juga tidak ada surat ijin masuk dari daerah tujuan, yakni Sumatra Utara.
Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan, AKP Rizal Efendi,SH selaku Ka Satgas Pangan menyampaikan informasi tersebut kepada Tribratanews.polri.go.id.

WhatsApp Image 2017-05-06 at 11.04.50
Kasat Reskrim AKP Rizal Efendi (kanan) bersama anggota Satgas Pangan lainnya sedang menunjukan benur dalam kantong plastik

Kasat Reskrim juga menyampaikan bahwa, selain mengamankan daging import tersebut, Satgas Pangan juga mengamankan bibit udang (benur) asal Anyer Banten. Hasil pemeriksaan Satgas Pangan dinyatakan bahwa, tidak ada surat pengesahan dari pihak Karantina Merak sesuai UU no 16 th 1992 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan pasal 31 (1) jo pasal 6 huruf a dan c. Saat dilaksanakan intrograsi, sopir kendaraan pengangkut benur itu menyatakan bahwa, benur bawaannya sebanyak 14 dus, dengan isi kurang lebih 2000 ekor.
Selanjutnya penanganan 2 kasus dimaksud dilaksanakan oleh Dit Reskrimsus Polda Lampung. Demikian AKP Rizal Efendi menandaskan.(*)
Penulis : Suripto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Suripto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password