Sepakat Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Bersama Babinsa Sambangi Warga Binaan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Palangka Raya, Sebagai salah satu elemen penting dalam negara ini, Polri dan TNI memiliki peran besar dalam hal mencegah dan mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut juga disadari oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut, Aiptu Narmanto dan Babinsa Pahandut, Serma Agus, hingga mereka melakukan sambang bersama kepada masyarakat di Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (5/5/2017) siang.

Dalam sambangnya, petugas bersilaturahmi bersama warga sekitar dan berbincang – bincang mengenai potensi terjadinya Karhutla di wilayah tersebut, mengingat kondisi geografis yang bertanah gambut.

Guna mengantisipasi hal tersebut, petugas juga menyampaikan sosialisasi akan larangan melakukan Karhutla, serta mengedarkan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah yang berisikan larangan dan sanksi pidana bagi pelaku Karhutla.

“Sambang seperti ini akan semakin sering kami lakukan, mengingat Kota Palangka Raya saat ini sedang memasuki musim kemarau dan sangat berpotensi terjadi Karhutla,” ungkap Aiptu Narmanto.

Saat ini melakukan Karhutla sama dengan melanggar hukum, yang tercantum dalam Undang – Undang Nomor 39 Tahun 2004, serta bagi pelakunya akan dikenakan sanksi pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 10 Milliar. (pm)

Penulis         : Polindo H. Manurung

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Humas Polres Palangka Raya

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password