Jaringan Pelaku Curanmor di Selayar Terbongkar, Polisi Sita 31 Unit Sepeda Motor Curian

Tribratanews.polri.go.id – Selayar Sulsel, Polres Kepulauan Selayar berhasil mengungkap kasus curanmor (Pencurian kendaraan bermotor) dengan barang bukti sebanyak 31 Unit Sepeda Motor dan menangkap empat orang tersangka.

Setelah dilakukan penyelidikan disimpulkan bahwa pelaku AW, AA, DE dan RA adalah satu jaringan Curanmor Lintas Makassar-Gowa-Maros dan Selayar. Selain itu penyidik juga mengungkap bagaimana pelaku utama AA membentuk jaringannya di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kasat Reskrim AKP Hery saat meninjau identifikasi Fisik Barang Bukti hari ini Jumat (5/5/17) di Mapolres Kepulauan Selayar mengungkapkan bahwa AW (25) adalah merupakan pelaku utama asal Selayar yang telah melakukan pencurian kendaraan roda dua lebih dari 50 Unit di Wilayah Makassar- Gowa.

“Awalnya ia kembali ke Selayar dengan membawa motor hasil curiannya kemudian mencari sendiri pembeli untuk menjual kendaraan dengan harga 2 sampai 4 Juta rupiah perunit,” ucap Hery.

Dengan modal yang ada, kata Hery, ia kemudian mencari jaringan di tiap-tiap desa dan pulau-pulau yang ada di Selayar dengan mengiming-iming calon pelaku berupa uang yang banyak, awalnya mereka dijadikan “Joki” untuk mengantar kendaraan curian tersebut dari Makassar ke Selayar.

Setelah beberapa kali menjadi “Joki”, status mereka naik menjadi “Pemetik”, selain 4 orang warga Selayar yang telah menjadi tersangka, setidaknya masih ada 12 orang lagi jaringan curanmor ini yang sampai saat ini masih dicari oleh Polres Kep Selayar dengan peran masing-masing sebagai “Pemetik”, joki maupun sebagai penadah.

Modus lain yang dilakukan komplotan ini adalah menjual kendaraan beberapa kali, adapun caranya adalah mereka kembali mengincar kendaraan hasil curian yang telah dijualnya.

“Hal ini mereka pastikan bahwa korban tidak akan melapor ke Polisi mengingat Korban tidak memiliki bukti kepemilikan kendaraan yang sah, kemudian kendaraan curian tersebut mereka jual diluar Kab. Kep Selayar,” jelas AKP Hery.

Sehubungan dengan hal ini, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Eddy Suryantha Tarigan menghimbau masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian apabila ada kendaraan yang dijual dengan harga yang mencurigakan.

Selain itu agar masyarakat tidak lagi membeli kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan, ia juga mengajak para orang tua dan masyarakat untuk memantau pergaulan anak dan keluarganya khususnya yang berusia remaja.

Jarang pulang ke rumah atau bahkan sering keluar daerah tanpa sepengetahuan orang tua atau dengan tujuan yang tidak jelas, maka sudah seharusnya keluarga mencari tahu aktifitas yang dilakukan.

“Hal ini perlu untuk mencegah berkembangnya Jaringan Curanmor dan Kejahatan lainnya di Kabupaten Kepulauan Selayar,” tutur Kapolres.

Penulis : Harmeno

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password