Sat Binmas Polres Banyumas Berikan Pemahaman tentang Polisi Sahabat Anak dengan Gendong Anak

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas –  Polisi Sahabat Anak (PSA) merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan, sehingga dapat membiasakan kepada anak-anak sejak usia dini untuk tertib berlalu lintas, mengenalkan sosok Polisi yang humanis. Kanit Binmas Sat Binmas Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah Aiptu Enny Parwati beserta Tim Binmas melaksanakan kegiatan PSA bertempat TK Aysiyah Muhamaddiyah Kecamatan Kebasen Banyumas dengan peserta kurang lebih 100 anak, Kamis (4/5-2017).

Kegiatan PSA ini dipimpin oleh Ipru Sudiono Kaur Bin ops Sat Binmas didampingi oleh Kanit Tibmas Sat Binmas Polres Banyumas Aiptu Enny Parwati dan anggota lainya.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kasat Binmas AKP Kusnadi, S.H menyampaikan bahwa dengan kegiatan PSA ini, diharapkan juga agar anak -anak paham akan tugas mulia seorang Polisi yang mempuyai jiwa ksatria, jujur, disiplin dan humanis. “Sikap ini dapat dicontoh juga menjadi karakter pada saat mereka kelak sudah dewasa. Juga anak-anak tidak takut terhadap polisi dan merasa bangga dengan polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.”, harap Kasat Binmas.

Adapun materi kegiatan PSA yang diberikan kepada anak-anak yaitu pengenalan rambu rambu lalu lintas, menjelaskan fungsi pemakaian helm dan kegunaannya dalam mengendarai sepeda motor, mengajarkan cara menyeberang jalan supaya aman, dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

Kanit Binmas mengatakan, kegiatan Polisi Sahabat Anak ini dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada Polisi. Selain itu dengan ditamankan sejak dini, diharapkan anak-anak ini kelak bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan lalu lintas.

“Bukan itu saja, dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak tidak lagi takut kepada polisi. Sebab selama ini jika melihat polisi mereka takut.”, katanya.

Menurut salah seorang orangtua dari anak TK, program Polisi Sahabat Anak ini merupakan kegiatan positif. Terlebih anak-anak dikenalkan dengan berbagai hal seperti tugas Polisi, rambu-rambu lalu lintas dan lainnya.

“Saya pikir kegiatan ini sangat bagus. Apalagi bisa memperbaiki citra polisi. Soalnya anak-anak kadang takut sama Polisi. Setelah dikenalkan langsung, ternyata polisi ramah-ramah bahkan dari mereka nampak anak minta di gendong.”, kata orang tua murid.

Penulis : Sukiyah

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password