Bhabinkamtibmas Polsek Gumelar Banyumas Latih Linmas Cara Amankan Pelaku Kejahatan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Kamis malam, 04 Mei 2017 di Aula Balaidesa Cihonje diadakan pertemuan para Linmas yang diprakarsai oleh Polsek Gumelar, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah dan pemerintah Desa Cihonje.

Kapolsek Gumelar AKP Suparman menugaskan Bripka Muntohar, S.H sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cihonje untuk mewakilinya. Dalam kegiatan ini Bripka Muntohar, S.H melakukan binluh diantaranya tentang tata cara penyerahan orang yang tertangkap oleh masa yang dicurigai akan atau telah melakukan tindak pidana dan selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian.

“Dalam hal ini harus ada prosedur yang benar yaitu harus ada Berita Acara Penyerahannya yang ditandatangani oleh orang atau pihak warga yang menyerahkan dan dari pihak Kepolisian sebagai pihak yang menerimanya,serta harus diketahui keadaan dan kesehatan dari orang yang akan diserahkan. Untuk itu diharapkan jangan ada lagi cara main hakim sendiri.”, jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan pesan Surat Edaran Menteri Agama terhadap pengawasan rumah kost ataupun orang asing yang tinggal sementara di wilayah hukum Polsek Gumelar. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas terutama tentang berkembangnya faham-faham radikalisme dan terorisme.

Diharapkan dengan adanya kegiatan binluh seperti ini akan meningkatkan kinerja para Linmas menjadi lebih memahami dan lebih mumpuni lagi dalam melayani dan membantu masyarakat.

Penulis : N. Fuadin Humas Polsek Gumelar

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password