Polisi Polda Bali Dituntut Mampu Berbahasa Mandarin

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Polda Bali khususnya Biro Sumber Daya Manusia (SDM) mengadakan pelatihan yang memiliki kemampuan dalam bidang bahasa. Kali ini Polda Bali bekerjasama dengan Konsulat Tiongkok untuk memberikan pelatihan berupa kursus bahasa mandarin. Kegiatan kursus ini sudah berjalan selama tiga bulan dengan 24 kali pertemuan dan diikuti 33 personel dari berbagai Satker jajaran Polda Bali.

Dalam pelaksanaannya, para peserta kursus dibagi dua kelas yaitu kelas pemula dan kelas lanjutan. Untuk mensukseskan kegiatan kursus tersebut, pihak Konsulat Tiongkok menghadirkan instruktur dari Bali Mandarin Center yang beralamat di Jalan Puputan Renon Denpasar. Para instruktur ini sudah memiliki keahlian dan kompetensi untuk mengajar dibidang bahasa mandarin.

Kursus bahasa mandarin ini merupakan tindak lanjut dari permintaan Konsulat Tiongkok, karena sering mendapat keluhan dari warganya yang sedang berlibur ke Bali. Keluhannya adalah wisatawan Tiongkok sulit berkomunikasi dengan petugas kepolisian jika mengalami masalah saat jalan-jalan di Bali seperti menanyakan petunjuk jalan, tempat wisata, restoran dan toko penjual oleh-oleh khas Bali. “Semua biaya ditanggung oleh Konsulat Tiongkok, kami hanya menyiapkan tempat dan personelnya,” ujar Kabag Dalpers Biro SDM Polda Bali AKBP Gede Adhi Mulyawarman saat ditemui pada acara penutupan kursus bahasa mandarin di Ruang Rapat Biro SDM Polda Bali, Kamis (4/5).

Sementara Wakapolres Buleleng Kompol Michael R. Risakotta, S.H., S.I.K. yang juga sebagai peserta kursus mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Materi yang diberikan yaitu penguasaan kosakata, kemampuan berdialog, menulis dan bernyanyi lagu mandarin. Saat acara penutupan kursus tersebut, instruktur menyatakan perwira melati satu dipundak ini meraih peringkat ke tiga dan berhak mendapat sertifikat. “Semoga kedepannya akan ada kursus lanjutan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mandarin,” harap perwira murah senyum ini.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password