Polisi Peduli Pendidikan, Ditlantas Polda DIY Tanamkan Tertib Berlalulintas Sejak Usia Dini

tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Direktorat Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan lomba Pocil (Polisi Cilik) dan belajar bersama keselamatan berlalu lintas sejak usia dini di gelanggang olahraga Amongrogo Yogyakarta, Kamis (4/5/2017). Kegiatan yang bertajuk “Polisi Peduli Pendidikan” ini dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri, M.Si.

Kapolda DIY Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan lomba polisi cilik dikaitkan dengan belajar bersama tentang tata tertib berlalu lintas, dan mengajak kepada seluruh warga masyarakat khususnya dimulai dari elemen yang paling dasar yaitu adik-adik yang belajar di TK dan SD untuk bersama-sama menggugah kesadaran mereka pentingnya tertib berlalu lintas.

“Nantinya diharapkan anak-anak bisa menjadi kader dalam disiplin berlalu lintas,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolda DIY menjelaskan dalam hal berlalu lintas, etika kita di jalan merupakan cerminan budaya bangsa. Oleh karena disiplin berlanlulintas perlu diajarkan kepada anak-anak mulai sejak usia dini.

Senada dengan Kapolda DIY, Direktur Lalulintas Polda DIY Kombes Pol Latief Usman, SIK, menegaskan lebih mudah menyiapkan generasi tertib berlalu lintas sejak dini ketimbang memberikan pemahaman kepada orang yang sudah berumur.

“Hal ini disiapkan untuk membangun kesadaran sejak dini guna menekan angka kecelakaan di masa yang akan datang,” tegasnya.

7c240a6d-d2af-49d9-9fd2-43987939f529Lomba Pocil menampilkan perwakilan-perwakilan terbaiknya dari Polres dan Polresta se-DIY sehingga persaingan antar perwakilan terlihat cukup sengit dalam memperoleh skor. Perlombaan baris berbaris ini dimenangkan oleh Polresta sebagai juara I. Kekompakan dan kerapihan serta formasi rumit yang ditampilkan menjadi alasan para Juri dalam memberikan skor tertinggi. Juara selanjutnya juara II Polres Bantul, juara III Polres Sleman, Juara harapan I Polres Gunungkidul, harapan II Polres Kulonprogo.

Selain kegiatan lomba baris berbaris, dalam acara tersebut juga disediakan booth pameran untuk memperkenalkan beberapa satuan fungsi dan kerja di Kepolisian yaitu Brimob, Shabara, Polair, Pam Obvit dan berbagai peralatan serta lerlengkapan yang digunakannya.

penulis : Bium
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password