Bhabinkamtibmas Polsek Dedai Berikan Arahan PKS SMP 4 Dedai

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sintang, Pada saat melaksanakan tugas pengamanan ujian tingkat smp/MTs di SMP 4 Dedai, Bripka Hendri selaku Bhabinkamtimbas Polsek Dedai memberikan arahan dan petunjuk tentang tugas,fungsi dan peranan kepada anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMP 4 Dedai, Kamis  (4/5/2017).

Bripka Hendri menyampaikan bahwa PKS berperan membantu Kepala Sekolah / guru dalam bidang keamanan dan ketertiban di intern sekolah masing masing.

“Disini adik adik bertugas menjadi pengawas atau pemantau dari tindakan negative yang dilakukan oleh teman teman.Ya seperti tugas polisi,tapi adik adik harus langsung melaporkan kejadian negative tersebut kepada guru kalian.Dan bila adik adik sudah menanamkan kedisiplinan dari sekarang, tidak menutup kemungkinan bagi adik adik nanti untuk menjadi seorang polisi”, ujar Hendri kepada petugas PKS.

Ditambahkan oleh Hendri bahwa PKS juga bertugas membantu polisi dalam mengatur lalu lintas keluar masuknya para siswa dan guru sekolah tersebut.

Selain itu Hendri juga memberi pengetahuan singkat tentang bahaya narkoba serta masalah kenakalan remaja, agar peranan PKS di sokolah tersebut dapat berjalan dengan baik.

Menanggapi hal tersebut Kapolsek Dedai Iptu Toto Susanto memberikan tanggapan positif dan menjelaskan bahwa seorang Bhabinkamtibmas harus bersikap dinamis di lapangan.

“Seorang petugas Bhabinkamtibmas harus berperan aktif di lapangan dan tidak kaku hanya melaksanakan tugas yang diperintahkan saja.Jika perintahnya Pam Un, tidak harus itu saja yg dilakukan, petugas harus peka melihat sekitar dan memaksimalkan peranan dia sebagai seorang Bhabinkamtibmas”, Ucap Kapolsek.

Kapolsek juga menambahkan bahwa petugas Bhabinkamtibmas harus berperan aktif dan bekarya secara maksimal di lapangan saat bertugas.

Penulis : Borne
Editor    : Umi Fadilah
Publish:  Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password