Warga Tanyakan Areal Pengerukan Pasir Kepada OPD Sintang

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sintang – Menghadapi permasalahan keberadaan penambang pasir yang ada di wilayah Kecamatan Sintang, membuat Camat Sintang Ana Prihantina, S.Sos, M.Si, mengelar rapat, Kamis (04/05/2017).

Rapat mediasi tentang polemik keberadaan tambang pasir yang ada di Kecamatan Sintang, Kab. Sintang tersebut dilaksanakan pada pukul 08.30 wib bertempat di aula abdi Praja Kantor Kecamatan Sintang di pimpin langsung Camat Sintang Ana Prihantina, S.Sos, M.Si, dan dihadiri oleh beberapa instansi antara lain dari DPRD Sintang, Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, Koramil Sintang, Polsek Sintang Kota, Kades Baning kota serta di ikuti oleh pengusaha tambang pasir serta masyarakat RT.06 serta RT.01 desa Baning Kota.
“Kami mempertanyakan, dimana sebenarnya titik lokasi yang ditentukan sebagai areal pengerukan pasir..??”, demikian salah satu pertanyaan yang diajukan oleh sdri. Nova selaku Ketua RT.06, kepada Organisasi Perangkat Daerah yang hadir dalam rapat tersebut.

“Untuk titik koordinat sebaiknya dilakukan pengecekan langsung ke lapangan, karena berkaitan dengan lokasi” demikian di jawab sdr. Asmidi dari Bagian PDT dan SDA Setda Sintang menanggapi pertanyaan sdri. Nova.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Polsek Sintang Kota IPDA Budi Santoso menghimbau agar polemik tambang pasir dapat dibicarakan dan diselesaikan dengan pikiran tenang serta hati yang dingin, sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru apalagi sampai berbuat anarkhis.

Setelah saling mendengarkan dan menyampaikan pendapat maka dari pertemuan tersebut diperoleh beberapa kesimpulan diantaranya,
Pengusaha tambang pasir memiliki ijin resmi, sehingga selama tidak melanggar batas-batas koordinat maka perusahaan masih dapat beraktifitas dan akan dilaksanakan pengecekan ke lapangan oleh instansi terkait beserta masyarakat untuk mengetahui posisi / areal pengerukan pasir sesuai titik koordinat yang tercantum dalam perijinan dan pengecekan dilakukan paling lambat dilaksanakan minggu ke II bulan Mei 2017.

Sementara dari kalangan pengusaha tambang pasir yang hadir yaitu sdr. H. Wahyan (usaha pribadi) dan sdr. Widianto Yanwar (PT. Prima Karya Perkasa) didampingi operator lapangan sdr. Busra Liu, menerima hasil rapat yang digelar oleh Camat Sintang beserta OPD Kab. Sintang tersebut.

Ditambahkan oleh Kanit Binmas Polsek Sintang Kota, bahwa dari hasil rapat tersebut nantinya akan ditindak lanjuti dengan pengecekan lokasi dilapangan dimana para pekerja tambang pasir tersebut beroperasi. ” Sesuai hasil rapat, untuk pengecekan sekitar minggu kedua bulan Mei, nanti kita (Polsek Sintang Kota-red), akan mendampingi tim yang dibentuk untuk melakukan pengecekan tersebut,” jelas Ipda Budi Santoso.

Penulis : Har/Tino
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password