Ratusan Personil Polres Bangkalan Menerima Penyuluhan Hukum dari Bidkum Polda Jatim

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Ratusan personil Polsek jajaran dan staf Polres Bangkalan mendapat penyuluhan hukum dari Bidang Hukum Polda Jawa Timur dengan materi khusus tentang Sosialisasi Perkap Kapolri No.11 tahun 2016 tentang pembentukan peraturan Kepolisian dan Perkap Kapolri No. 2/2017 tentang tatacara pemberian bantuan hukum oleh Kepolisian Negara RI.

Setelah sambutan awal oleh Kapolres Bangkalan yang diwakili oleh Wakapolres Bangkalan Kompol Imam Pauji, SH, M.Si., dilanjutkan sambutan oleh ketua Tim AKBP Sugiharto, SH, MH. Kemudian berturut-turut langsung dilaksanakan penyampaian materi tentang pembentukan peraturan Kepolisian dan Perkap Kapolri No. 2/2017 tentang tatacara pemberian bantuan hukum oleh Polri.

Suasana sosialisasi berjalan makin serius, ketika beberapa pertanyaan disampaikan oleh Kasat Reskrim AKP Anton Widodo,SH, Kapolsek Blega AKP Hartanta, SH dan Kasubbaghumas AKP Bidarudin, SH. Secara singkat dan jelas semua pertanyaan dijawab dengan lancar dan memuaskan penanya.

Salah satu pertanyaan dari AKP Bidarudin, SH adalah tentang anggota Polri yang bermasalah dengan masyarakat sipil dalam peristiwa kecelakaan, akibatnya diperiksa oleh propam dan disidang disiplin. Sehingga apa mungkin dalam kasus tersebut dilakukan ADR (Alternative Dispute Resolution) atau penyelesaian perkara yang bersifat ringan yang terjadi di masyarakat diluar prosedur hukum, jika para pihak sepakat menyelesaikannya perkara secara damai. Tetapi oleh AKBP Sugiharto menjelaskan bahwa, belum ada dasar hukumnya untuk menghentikan penyidikan yang yang dilakukan oleh Propam tetapi hasil ADR dimaksud bisa saja dipertimbangkan untuk meringankan sangsi kepada anggota Polri tersebut.
Ketua Tim Penyuluhan Hukum AKBP Sugiharto mengatakan bahwa, “ketika seseorang berurusan dengan hukum kemudian merasa tidak nyaman, takut, tidak mempunyai wawasan hukum atau merasa jadi korban rekayasa, dll silahkan mengajukan permohonan untuk minta didampingi atau minta saran hukum, “ujar Dosen Hukum Ubhara Surabaya itu.
Penulis : Bidarudin
Editor : Umi Fadilah
Publish : Nenny Sasongko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password