Cegah Napi Lari Lagi, Kapolresta Banjarmasin Minta Tiap Kontrol Ruang Tahanan Pukul Jeruji Besi Sel

Tribratanews.polri.go.id-Demi mencegah larinya para napi yang ada di ruang tahanan Mapolresta Banjarmasin, petugas penjagaan selalu melakukan kontrol satu jam sekali.

Selain melakukan kontrol, di ruang tahanan juga dilengkapi kamera CCTV yang tersembunnyi untuk memantau segala aktivitas para tahanan.

cegah-napi-lari-lagi-kapolresta-banjarmasin-bilang-begini

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana, mengatakan bahwa sesuai anjuran Kapolda Kalsel, petugas yang memeriksa agar memukul jeruji besi sel, agar bisa mengetahui apakah jeruji besi itu dalam kondisi bagus atau tidak.

“Setiap kali mengontrol petugas wajib memukul jeruji besi saat lewat, apabila jeruji besi rusak, maka bunyinya akan beda,” ungkapnya, Minggu (30/4).

Dia juga mengatakan bahwa setiap tahanan wajib memakai baju seragam tahanan dan tidak diperbolehkan memakai baju pribadi, supaya bisa membedakan antara tahanan dan pembesuk.

“Selain itu saat pembesuk ke tahanan, petugas harus memeriksa makanan yang dibawa dengan teliti, karena untuk menghindari pembesuk memasukkan barang terlarang ke Rutan,” ucapnya.

Anjar juga mengatakan bahwa untuk membina para tahanan, harus memberikan hak mereka dan diperlakukan dengan pantas, walaupun mereka orang bermasalah.

“Pendekatan harus dilakukan kepada para tahanan, apabila ada yang sakit langsung diberikan pengobatan, dan apabila mereka rindu sanak keluarganya, petugas wajib meminjamkan handphone untuk mereka bisa menelepon keluarganya,” kata orang nomor satu di kepolisian Mapolresta Banjarmasin.

Sebanyak 33 CCTV yang ada di ruang tahanan, layar pantaunya diawasi langsung oleh Kapolresta Banjarmasin, Kasat Tahti serta Kabag Ops. “Seandainya ada tahanan yang ketahuan mencoba untuk berniat melarikan diri, akan kami tindak tegas,” ucapnya.

penulis  : Yudha

editor    : Umi Fadilah

publish : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password